Foto Underwater di Wakatobi Jadi Daya Tarik Wisatawan, Ikan Hias Menjauh saat Didekati

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Foto Underwater di Wakatobi Jadi Daya Tarik Wisatawan, Ikan Hias Menjauh saat Didekati
Berbeda dengan dulu yang masih jinak, ikan hias di perairan Wakatobi lari saat didekati, sehingga foto dihasilkan kurang bagus. Foto: Instagram @wakatobidivetrip

" Foto bersama biota laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat diving atau snorkeling. Namun, bagaimana jika biota laut seperti ikan hias di perairan Kabupaten Wakatobi susah didekati "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Foto bersama biota laut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat diving atau snorkeling. Namun, bagaimana jika biota laut seperti ikan hias di perairan Kabupaten Wakatobi susah didekati.

Salah seorang warga Wakatobi, Sariono menceritakan, berdasarkan pengalamannya dari sejak kecil yang sering menyelam. Ia dulunya selalu menemukan kelompok ikan hias yang begitu banyak. Bahkan jarak sekitar 5 meter akan ditemukan lagi kelompok ikan hias lainnya dan mereka semua jinak.

Sariono menyebut, hal tersebut berbeda dengan saat ini. Kelompok ikan yang ditemukan sekarang bercampur dan saat didekati malah pergi dan lari. Sehingga saat berfoto, hasilnya tidak begitu bagus.

Baca Juga: Peran Akademisi dalam Pembangunan Wakatobi

Ia menduga ada predator yang menghabiskan ikan hias tersebut, seperti pemanah atau lain sebagainya.

"Percuma jika karangnya bagus tetapi ikan hiasnya tidak ada. Foto yang dihasilkan pun kurang bagus," ucapnya, Jumat (28/7/2023).

Sementara salah seorang pelaku industri pariwisata, Fajar mengungkapkan, selama ia membawa tamu atau wisatawan untuk diving maupun snorkeling. Sejauh ini tidak ada masalah, bahkan wisatawan memuji keindahan bawah laut Wakatobi. Ia menyebut kondisi seperti itu, tergantung dengan spot diving atau ketenangan air.

Fajar melanjutkan, wisatawan lebih menyukai diving jika dibandingkan dengan snorkeling. Karena mereka bisa melihat lebih dekat dan jelas biota laut Wakatobi seperti karang atau pun ikan hias.

Baca Juga: Anggaran Dermaga Patinggu Diduga Diubah Tanpa Sepengetahuan DPRD Wakatobi

Ia menyebut, wisatawan akan selalu meminta untuk difoto sebagai kenangan bagi mereka. Untuk menghasilkan foto yang indah dan menarik, Fajar bekerja sama dengan pihak yang berpengalaman.

"Jadi kita bekerja sama dengan dive center yang memang memiliki kemampuan teknik fotografi yang bagus, jadi foto saat diving bagus dengan menampakkan ikan hias yang berwarna-warni," ungkapnya.

Fajar menuturkan banyak spot diving atau snorkeling yang ada di Wakatobi. Salah satu spot terbaik berada di Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga