Ganjar dan Anies Tempati Posisi Puncak Survei Capres 2024, Puan Maharani Tenggelam

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 06 Maret 2022
0 dilihat
Ganjar dan Anies Tempati Posisi Puncak Survei Capres 2024, Puan Maharani Tenggelam
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Foto: Ist

" Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dalam survei kandidat Calon Presiden (Capres) Indonesia 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dalam survei kandidat Calon Presiden (Capres) Indonesia 2024.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berada pada urutan kedua. Mereka mengungguli 9 kandidat Capres lainnya.

Hal tersebut berdasarkan kolaborasi lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI). Dimana, dari 11 aspek penilaian, Ganjar mendapatkan skor 7,51 dan Anies 7,31.

Dari 11 Tokoh yang masuk dalam lingkaran Survei PRC dan PPI, Putri Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani "tenggelam" atau berada di urutan paling bawah dengan skor 5,80.

Dari rilis survei yang diterima Media ini dijelaskan bahwa survei PRC dan PPI tersebut digelar sejak 5 Januari hingga 5 Februari 2022 menggunakan studi kualitatif.

Survei dilakukan terhadap 207 tokoh dari enam unsur di 34 provinsi dengan komposisi 33 tokoh dari perguruan tinggi, 35 media massa, 35 dunia usaha, 35 ormas keagamaan, 34 instusi budaya dan 35 lembaga swadaya masyarakat.

Baca Juga: Baliho Siska Karina Imran Bertebaran, Ini Kata Pengamat Politik

Kriteria umum dari 207 selaku narasumber dalam survei PRC dan PPI yakni bukan pengurus partai politik, tidak terafiliasi pada partai politik tertentu dan tidak menjadi tim sukses atau relawan dalam perhelatan pemilu/pemilukada.

Berpendidikan tinggi, minimal strata satu. Memimpin institusi terbesar di level nasional atau provinsi atau memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan opini publik.

Kepakaran akademisi dari unsur perguruan tinggi mencerminkan keragaman bidang ilmu, seperti pemerintahan, politik, manajemen, ekonomi, komunikasi, psikologi, sosiologi, hukum, dan lain-lain.

Kemudian sering menjadi narasumber media massa.

Sementara 11 aspek yang disurvei yaitu visioner, kepemimpinan politik, intelektualitas, keterampilan politik, keterampilan komunikasi politik, stabilitas emosi, gaya kepemimpinan, religiusitas dan nasionalisme, penampilan, integritas moral, serta kapabilitas.

Baca Juga: Jika Konstitusi Mengijinkan, NasDem Terdepan Usung Presiden Jokowi Tiga Periode

Berikut ini hasilnya survei PRC dan PPI:

1. Ganjar Pranowo 7,51.

2. Anies Baswedan 7,32.

3. Sandiaga Uno 7,20.

4. Ridwan Kamil 7,14.

5. Erick Thohir 6,88.

6. Prabowo Subianto 6,85.

7. Andika Perkasa 6,69.

8. Muhaimin Iskandar 6,54.

9. Airlangga Hartarto 6,41.

10. Agus Harimurti Yudhoyono 6,31.

11. Puan Maharani 5,80. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga