Gegara Videonya, Bupati Alor Ditegur Gubernur hingga Dipolisikan Ketua DPRD

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 19 Juni 2021
0 dilihat
Gegara Videonya, Bupati Alor Ditegur Gubernur hingga Dipolisikan Ketua DPRD
Potongan foto dan video Bupati Alor, Amon Djobo. Foto: Ist.

" Video Bupati Alor, Amon Djobo memarahi staf Kementerian Sosial yang sempat beredar luas di jagat maya ternyata berbuntut panjang. "

ALOR, TELISIK.ID - Video Bupati Alor, Amon Djobo memarahi staf Kementerian Sosial yang sempat beredar luas di jagat maya ternyata berbuntut panjang.

Ia pun ditegur keras oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat hingga dipolisikan Ketua DPRD Alor, Enny Anggrek ke Bareskrim Polri.

Sebelumnya dalam video itu ia sempat memarahi staf Kementerian Sosial lantaran kesal bantuan PKH yang disalurkan oleh Menteri Risma ternyata diurus oleh salah satu partai politik di Alor dan dibagikan oleh Ketua DPRD, Enny Anggrek.

Lantas ia pun menuding ada iming-iming politik di balik bantuan yang dibagikan Ketua DPRD itu.

"Sembarang saja tu. Jangan pakai politik-politik model begitu. Dia tidak tahu proses bantuan pola penanganannya, teknis penanganan ini sampai di bawah. Mulutnya lebih cepat dari pikiran. Pejabat apa model begitu, Menteri apa model begitu. Dia tidak pernah datang ke Alor ko," ungkap Bupati Amon dalam video berdurasi 3 menit 9 detik yang belakangan diketahui adalah video lama.

Gegara video itu ia langsung dipanggil oleh Gubernur Laiskodat ke Kupang untuk meminta klarifikasi. Ia pun ditegur keras oleh gubernur terkait tindakannya sebagai pejabat negara saat memarahi staf Kementerian Sosial.

Baca juga: Tidak Dapat Kuota CPNS 2021, Bombana Fokus Tes PPPK Guru

Baca juga: Anjing Rabies Marak di Ruteng NTT, 6 Anak Jadi Korban

"Gubernur sudah memanggil dan menegur keras yang bersangkutan untuk tidak mengeluarkan kata-kata kasar kepada siapapun selaku pejabat negara," kata Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Provinsi NTT dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/6/2021).

Ia mengaku bahwa Gubernur Laiskodat sudah mengingatkan Bupati Alor untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya meski sudah meminta maaf ke Menteri Risma.

"Teguran yang disampaikan Gubernur Laiskodat ke Bupati Alor merupakan bentuk peringatan keras agar ia tidak mengulanginya lagi" ujar Marius.

Sementara itu pada waktu yang berbeda, Ketua DPRD Alor, Enny Anggrek mempolisikan Bupati Alor ke Bareskrim Polri.

Enny menempuh jalur hukum lantaran ada desakan dari masyarakat Alor yang berdomisili di luar NTT yang merasa geram dengan video Bupati Alor.

"Saya sudah polisikan Bupati Alor itu ke Bareskrim. Tetapi sifatnya masih aduan, bukan laporan, makanya saya hadir disini," kata Enny dalam keterangannya.

Ia pun mengaku sudah menyerahkan sejumlah barang bukti aduannya ke Bareskrim. Barang bukti itu, yakni rekaman video Bupati Alor maupun berita-berita media online. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga