Gelar Pertemuan, Ratusan Kyai Aswaja Dukung Anies di Pilpres

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 02 Oktober 2023
0 dilihat
Gelar Pertemuan, Ratusan Kyai Aswaja Dukung Anies di Pilpres
Para kyai Aswaja (Anies Wajib Jadi) sepakat memberikan dukungan penuh untuk Anies di Pilpres 2024. Foto: Ist.

" Ratusan kyai di lingkungan ponpes di Jawa Timur tergabung dalam kyai Aswaja (Anies Wajib Jadi) bertemu bacapres Anies Baswedan di Sidosermo, Surabaya, Minggu (1/10/2023) malam "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ratusan kyai di lingkungan ponpes di Jawa Timur tergabung dalam kyai Aswaja (Anies Wajib Jadi) bertemu bacapres Anies Baswedan di Sidosermo, Surabaya, Minggu (1/10/2023) malam.

Dalam pertemuan tersebut, para kyai sepakat memberikan dukungan penuh untuk Anies di Pilpres 2024 mendatang. Bahkan, dalam pertemuan tersebut Anies didapuk meresmikan posko pemenangan Aswaja yang berada di komplek ponpes di Surabaya.

Menurut koordinator Aswaja, KH Mas Faqih Hudin mengatakan, terbentuknya Aswaja tersebut bermula dari pertemuan beberapa kyai di Jawa Timur dalam menanggapi suasana Pemilu 2024 mendatang terlebih pilpres.

"Setelah menimbang, melihat, memikirkan calon presiden yang pantas didukung, akhirnya semua sepakat menjatuhkan pilihan untuk Anies Baswedan," ujarnya, Minggu (1/10/2023) malam.

Aswaja sendiri, lanjut dia, sudah dibentuk di 36 kabupaten/kota dengan jumlah kiai 532 kiai se-Jawa Timur.

Baca Juga: Keliling Jawa Timur, Kyai Sepuh NU Doakan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024

"Semua siap mendukung, memilih dan memperjuangkan Pak Anies Baswedan dan Gus Muhaimin Iskandar untuk memenangkan pilpres mendatang," terangnya.

Alasan dukungan, menurut Mas Faqih, para kyai berharap dan memiliki keyakinan hanya Anieslah yang sanggup menerima amanah bangsa ini, mulai untuk perubahan kesehatan, pendidikan dan akhlakul karimah semua sepakat kalau Anies mampu melakukan perubahan-perubahan tersebut.

Baca Juga: Cak Imin: Bersama AMIN karena Berita Langit dan Buminya Baik

Sementara itu, di tempat yang sama, bacapres Anies Baswedan mengaku menerima amanah dari para kyai Aswaja.

"Ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dari para ulama," terang mantan Gubernur DKI ini.

Menurutnya, dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa  tersebut. "Dukungan yang mereka berikan dalam waktu amat panjang. Melihat ini sebagai amanah, kepercayaan. InsyaAllah kami emban sebaik-baiknya. Dan kami berharap juga agar perjuangan ini bisa mencapai ujungnya yaitu untuk menghadirkan keadilan," tuturnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga