Hargai Perjuangan Pahlawan, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Kunjungi TMP

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 09 Agustus 2023
0 dilihat
Hargai Perjuangan Pahlawan, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Kunjungi TMP
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, memimpin upacara di Taman Makam Pahlawan Watubangga. Foto: Ist.

" Menghormati perjuangan pahlawan, Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga "

KENDARI, TEKISIK.ID - Menghormati perjuangan pahlawan, Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara menggelar upacara tabur bunga yang penuh makna. Upacara ini berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kendari, pada Rabu (9/8/2023).

Peringatan Hari Kemenkumham Republik Indonesia ke-78, dirayakan dengan semarak oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat di bawah pengawasan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba. Seluruh Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis turut serta dalam kegiatan ini.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara. Kemudian, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, menaruh karangan bunga sebagai tanda penghormatan. Kegiatan ini juga mencakup ziarah serta penaburan bunga di makam pahlawan oleh seluruh peserta upacara.

Baca Juga: Kemenkumham Sulawesi Tenggara Gelar Bakti Sosial Pengentasan Stunting

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba menyampaikan, kegiatan tabur bunga hari ini merupakan bentuk penghormatan yang tinggi kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Kemenkumham Republik Indonesia yang ke-78.

Petinggi Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara di depan tugu Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga. Foto: Ist.

 

"Melalui momen bersejarah ini, kami berharap dapat menanamkan cinta tanah air yang lebih dalam dengan memberikan penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan, senior, dan pejuang di seluruh Indonesia. Kegiatan ini adalah wujud bakti kami kepada mereka semua, karena tanpa mereka, kita tidak akan berada di titik ini," Kata Kakanwil, Silvester Sili Laba.

Selain upacara resmi, kegiatan ini juga diselingi dengan momen foto bersama. Seluruh jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara bersama dengan pimpinan tinggi Kemenkumham Sulawesi Tenggara terlihat kompak dalam kebersamaan.

Baca Juga: Sambut Harlah ke-78, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengara Gelar Sepada Santai dan Lulo

Mengutip Kemenkumham.go.id, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (disingkat Kemenkumham RI) adalah kementerian dalam pemerintah Indonesia yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden.

Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara menggelar upacara di Taman Makam Pahlawan Watubangga (TMP), Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dipimpin oleh seorang menteri yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Yasonna Laoly. Kemenkumham beberapa kali mengalami pergantian nama yakni: Departemen Kehakiman (1945-1999), Departemen Hukum dan Perundang-undangan (1999-2001), Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (2001-2004), Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (2004-2009), dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2009-sekarang).

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pertama kali dibentuk pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan nama Departemen Kehakiman. Menteri Kehakiman yang pertama dijabat oleh Soepomo. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada zaman pemerintahan Belanda disebut Departemen Van Justitie yaitu berdasarkan peraturan Herdeland Yudie Staatblad No. 576. (B-Adv).

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga