Hindari Hal Ini, Penyebab Ban Mobil Cepat Botak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 03 Oktober 2023
0 dilihat
Hindari Hal Ini, Penyebab Ban Mobil Cepat Botak
Ban merupakan salah satu komponen penting bagi setiap kendaraan. Jika ban mengalami masalah, hal ini tentu sangat berbahaya dan berisiko mengancam nyawa pengemudi. Foto: Repro Kompas.com

" Ban mobil memiliki usia pakai. Apabila digunakan terus menerus, ban akan botak "

KENDARI, TELISIK.ID - Ban merupakan salah satu komponen penting bagi setiap kendaraan. Jika ban mengalami masalah, hal ini tentu sangat berbahaya dan berisiko mengancam nyawa pengemudi.

Ban mobil memiliki usia pakai. Apabila digunakan terus menerus, ban akan botak. Jika memaksa mengendarai ban yang sudah botak, hal ini justru sangat berbahaya. Maka begitu, ada baiknya kamu perlu menjaga dan merawat ban mobil agar tidak cepat rusak.

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, beberapa masalah pada kaki-kaki dan tekanan udara ban bisa mempengaruhi usia ban pada mobil.

“Ban akan lebih cepat aus bila permukaan ban tidak menapak dengan sempurna, salah satu penyebabnya adalah tekanan udara ban tidak sesuai dengan anjuran pabrikan, hal itu akan membuat ban aus tidak merata,” ucap Hardi dikutip dari Kompas.com.

Pria yang mendirikan bengkel spesialis Nissan & Datsun di Jalan Magelang, Mlati, Sleman ini mengatakan, ketika tekanan udara ban terlalu tinggi maka ban akan aus pada bagian tengahnya.

Baca Juga: Deretan Jenis Oli yang Wajib Diganti Secara Berkala

Berikut sejumlah faktor yang menyebabkan ban mobil lebih cepat botak dan tidak awet, dikutip dari laman Detik.com:

1. Cara mengemudi

Faktor pertama yang menyebabkan ban mobil cepat botak adalah cara mengemudi di jalan raya. Mengendarai mobil dengan kencang secara tiba-tiba lalu mengerem mendadak adalah salah satu teknik mengemudi yang perlu kamu hindari.

Selain itu, usahakan menghindari jalanan yang rusak, bergelombang, dan berlubang. Jika terpaksa melewati jalan tersebut, melaju lah secara perlahan dan jangan sampai ban terbentur keras dengan lubang.

2. Tekanan angin

Tekanan angin yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan ban cepat botak. Performa ban mobil tentunya dipengaruhi oleh tekanan angin di dalamnya, maka begitu setiap mobil sudah memiliki ketentuan tekanan angin masing-masing.

3. Performa mekanisme mobil

Penyebab lain ban mobil cepat botak adalah rotasi ban yang salah. Banyak pengemudi yang kurang memahami mengenai rotasi ban, padahal ini cukup penting dilakukan.

Baca Juga: Deretan Benda Berbahaya yang Tak Boleh Simpan di Mobil, Berakibat Fatal

Penyebab ban mobil botak di satu sisi, sering terjadi karena pengemudi kerap kali membuang setir ke satu arah yang sama terus-menerus. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa melakukan spooring agar ban memiliki kualitas yang baik.

4. Hindari kesalahan penggunaan ban

Saat ingin membeli ban baru, usahakan kamu menggunakan komposisi ban yang sesuai dengan mobil. Jangan sampai, kamu membeli ban main asal pilih dan tidak tahu apakah sesuai atau tidak.

Usahakan juga membeli ban yang punya kualitas bagus dari produsen ternama. Harga murah memang kerap kali menggiurkan, namun jangan sampai ban mobil yang dibeli memiliki kualitas rendah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga