HPN Jadi Ajang Promosi Adat dan Budaya Sultra

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Jumat, 04 Februari 2022
0 dilihat
HPN Jadi Ajang Promosi Adat dan Budaya Sultra
Sekretaris Daerah Sultra, Nur Endang Abbas. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) akan menampilkan budaya dan kearifan lokal dari berbagai kota/kabupeten di Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra, Nur Endang Abbas memastikan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN), yang digelar mulai tanggal 6-9 Februari, akan menjadi ajang promosi bagi budaya dan kearifan lokal dari berbagai kota/kabupeten di Sultra.

"Kami pastikan kegiatan HPN menjadi sebuah pergelaran atau perkenalan budaya dari berbagai kabupeten di seluruh Sultra. Dan semunya akan menampilkan adatnya masing-masing, karena semua wilayah Sultra akan terlibat dalam kegiatan nasional ini," ungkapnya pada Telisik.id, Jumat (4/2/2022).

Setiap kabupaten, kata dia, akan dikunjungi oleh duta besar (Dubes) dari berbagai negara. Tentunya dalam menyambut para tamu-tamu itu, adat dan kebudayaan yang ditampilkan.

"Seluruh kabupaten menyatakan akan menampilkan kearifan lokalnya, untuk menyambut para Dubes. Mulai dari menampilkan tari-tarian, baju adat, dan lain sebagainya. Pastinya menjadi sebuah momentum yang sangat baik, untuk menunjukkan keberagaman budaya yang dimiliki Sultra kepada dunia," katanya.

Baca Juga: Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Sultra Beragam Namun Belum Dikelola Optimal

Baca Juga: Giat Reses, AJP Serap Aspirasi Warga Kendari

Selama kegiatan HPN, lanjutnya, bukan hanya budaya tetapi juga kuliner khas akan diberikan kepada para tamu dan peserta HPN.

"Berbagai kultur dan budaya yang kita miliki itu akan ditampilkan, mulai dari busana sampai makanan khas daerah Sultra. Ini untuk memperkenalkan kekayaaan budaya Sultra. Dan tentu semuanya akan memberikan dampak positif terutama dari segi ekonomi, yang pastinya akan mengalami peningkatan," pungkasnya. (C)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga