adplus-dvertising

Ini 5 Fakta Film 'Selesai' Garapan Tompi yang Banjir Kritik

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 08 September 2021
680 dilihat
Ini 5 Fakta Film 'Selesai' Garapan Tompi yang Banjir Kritik
Cuplikan Film Selesai garapan Tompi yang banjir kritikan di kalangan netizen. Foto: Repro Detik.com

" Lewat akun Twitter @dr_tompi, Tompi memberi sedikit komentar tentang karya filmnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak rilis di Bioskop Online 13 Agustus 2021, film "Selesai" garapan Tompi ramai dibicarakan dan menuai pro kontra.

Dilansir dari Kompas.com, banyak yang menilai positif film yang dibintangi Ariel Tatum, Gading Marten dan Anya Geraldine ini. Memuji cerita yang dianggap mewakili kisah banyak orang yang tak terungkap hingga soal pembuatan film yang dinilai nyaman di mata.

Tapi, terlepas dari banyaknya pujian, ada juga orang yang memberikan kritik terhadap film tersebut. Film "Selesai" dianggap asal mengambil stereotip yang ada di masyarakat hingga disebut tidak mendidik.

Lewat akun Twitter @dr_tompi, Tompi memberi sedikit komentar tentang karya filmnya.

"Film itu harus berpihak? Benarkah HARUS bgitu? Gimana kalo FILM ITU HARUS BS MERANSANG ORANG UTK BERPIKIR UTK BERPIHAK?," tulis Tompi di akun @dr_tompi, dikutip Jumat (20/8/2021).

Dikutip dari Detik.com, salah satu cuitan yang melancarkan kritik berbunyi seperti ini:

"Pertanyaan: Kenapa Tompi suka membuat film tentang perempuan tapi nggak pernah melibatkan perempuan? Jawaban: Ya ini kan sesuai kebutuhan. Kalau kami perlu tahu tentang perempuan kami akan tanya perempuan," tulis seorang warganet.

Jawaban-jawaban Tompi terhadap kritikan tersebut juga dinilai kontroversial. Dalam sebuah acara diskusi film yang digelar lewat platform Space di Twitter, Tompi mengutarakan sederet pendapatnya. Salah satu yang kemudian menjadi sorotan adalah sebagai berikut:

"Co host kita juga bilang, kita nggak bisa kontrol gimana orang berpikir. Sekarang secara harfiah biologisnya oranglah, kalau ngelihat cewek seksi kira-kira, laki-laki yang mungkin tak punya pelampiasan bakal tergoda nggak untuk berbuat yang nggak-nggak, iya kan?" begitu ucapan Tompi yang dipotong lalu disebarkan.

Untuk lebih jelasnya, simak fakta-fakta Film "Selesai" berikut ini, seperti dilansir dari Suara.com:

1. Sinopsis Film Selesai

Film ini mengisahkan soal rumah tangga Ayu (Ariel Tatum) dan Broto (Gading Marten) yang mengalami masalah akibat perselingkuhan.

Ayu sejatinya sudah ingin meninggalkan Broto yang beberapa kali kedapatan berselingkuh, salah satunya dengan Anya (Anya Geraldine), namun hal ini terhalang kehadiran mertua yang tinggal di rumah mereka karena terjebak lockdown.

2. Film kedua Tompi

Selesai merupakan film kedua garapan Tompi, di mana ia menjadi sutradara. Film pertamanya adalah Pretty Boys.

Tompi menggandeng Imam Darto untuk menjadi penulis naskah. Adapun film "Selesai" dibintangi oleh Gading Marten, Anya Geraldine, Marini Soerjoseomarno, Farsish Nardi, hingga Tika Panggabean.

Baca Juga: Kendari Undercover: Curhatan Mahasiswi Ditinggal Nikah Usai Berikan Kehormatannya Selama 3 Tahun Pacaran

Baca Juga: Mistik: Bikin Merinding, Ini Deretan Kisah Mengerikan Benda Terkutuk dan Berhantu

3. Rencana Awal Jadi Serial

Tema soal perselingkuhan dalam rumah tangga ini awalnya bakal dikemas dalam bentuk serial, alih-alih film, mengingat Imam Darto menulis untuk lima episode.

Namun hal tersebut diurungkan karena Tompi dan Imam Darto terkendala soal produksi, salah satunya soal set syuting yang tak bisa dipakai.

4. Tayang Lewat Platform Streaming

Seperti kebanyakan film di masa pandemi COVID-19, "Selesai" juga dirilis lewat platform streaming online pada 13 Agustus 2021 lalu.

5. Bikin Tompi Dikritik Sudutkan Perempuan

Tompi kini menghadapi kritik soal film garapannya, "Selesai". Ia dianggap menyudutkan perempuan. Hal ini berawal dari pernyataan terkait proses produksi film tersebut.

Ia awalnya memberikan tanggapan seputar pertanyaan warganet mengenai film Selesai. Namun, pernyataan inilah yang justru menjadi bumerang untuk si sutradara. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga