adplus-dvertising

Ini 9 Fakta Menarik Tamborasi, Sungai Terpendek se-Dunia di Kolaka

Muh. Sabil, telisik indonesia
Rabu, 02 Juni 2021
3837 dilihat
Ini 9 Fakta Menarik Tamborasi, Sungai Terpendek se-Dunia di Kolaka
Destinasi wisata Tamborasi di Desa Tamborasi, Kolaka. Foto: Muh. Sabil/Telisik

" Sungai Tamborasi berhasil mengalahkan catatan rekor yang dimiliki oleh sungai pendek lainnya dari berbagai negara. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Sungai Tamborasi telah resmi dinobatkan serta mendapatkan pengakuan, baik tingkat nasional maupun internasional, sebagai sungai terpendek di dunia saat ini.

Penetapan Tamborasi sebagai sungai terpendek bukan tanpa alasan, sebab sungai Tamborasi berhasil mengalahkan catatan rekor yang dimiliki oleh sungai pendek lainnya dari berbagai negara.

Selain itu, panorama keindahan Tamborasi serta sejumlah keunikan yang dimiliki mampu menarik pasang mata bagi siapapun yang mengunjungi tempat satu ini.


Berikut Telisik.id merangkum sembilan fakta menarik sungai Tamborasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber:

1. Panjang sungai hanya 20 meter

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Zulkarnain Mansyur, bahwa Tamborasi adalah sungai yang panjangnya tercatat paling pendek di dunia yaitu sekira 20 meter saja, sedangkan lebarnya 15 meter.

Pernyataan tersebut, kata Zulkarnain juga mendapatkan pengakuan resmi dari Kementrian Pariwisata Indonesia, bahkan situs terkemuka World Atlas dan Wikipedia dalam literaturnya juga mengakui Tamborasi sebagai sungai terpendek.

"Iya, bukan cuma Menteri Pariwisata saja, bahkan kalo kita cek di situs website besar semacam World Atlas, terus Wikipedia mereka juga mengakui rekor sungai Tamborasi paling pendek di dunia", jelasnya, Rabu (2/6/2021).

2. Letak sungai berada antara hutan dan pantai

Keunikan selanjutnya dari Tamborasi adalah letak sungainya. Secara strategis berada sejajar dengan hutan gunung dan pesisir pantai Tamborasi. Perawakan Tamborasi semakin menarik tatkala pohon-pohon memagarinya, ditambah posisi sungai tepat berada dibawah jalan utama lintas kabupaten, penghubung antara Kolaka-Kolaka Utara (Kolut).

3. Air sungai jernih kehijauan

Selain letak sungai yang diapit oleh hutan gunung dan pantai, Tamborasi juga terkenal akan air sungainya berwarna hijau jernih, apalagi sumber mata airnya terpancar dari sela-sela bebatuan gunung disekitarannya.

4. Suhu air bervariasi

Tidak cukup sampai disitu, sungai Tamborasi ini memiliki keunikan lainnya, dimana suhu airnya bervariasi.

Suhu air antara hulu dan hilir berbeda. Di hilir suhu airnya relatif dingin, sedangkan di hulu suhu air relatif hangat.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Tamborasi Kolaka Jadi Sungai Terpendek di Dunia

5. Dianggap mirip seperti danau

Sekilas air sungai Tamborasi nampak berwarna hijau dan mempunyai ketenangan air layaknya seperti air di danau. Sehingga, banyak orang menganggap bahwa Tamborasi lebih menyerupai sebuah danau.

Akan tetapi, jika diperhatikan lebih seksama sejatinya air ini mengalir sehingga bisa dikatakan sebagai sebuah sungai. Aliran air itulah yang menguatkan alasan bahwa Tamborasi memang sebuah sungai bukan danau.

6. Sungai berbatasan langsung dengan pantai Tamborasi

Keunikan lain dari Tamborasi selain yang telah disebutkan diatas, yaitu adanya sebuah fenomena menarik, dimana sungai ini berbatasan langsung dengan pasir dan Pantai Tamborasi.

Destinasi wisata Tamborasi di Desa Tamborasi, Kolaka. Foto: Muh. Sabil/Telisik

 

Dengan demikian, pengunjung dihadapkan dengan dua pilihan untuk berenang atau sekedar berendam santai, pertama sungai Tamborasi, yang kedua pantai Tamborasi.

Selain itu, kedua sumber air memiliki suhu yang berbeda. Air sungai terasa dingin dan air pantai lebih hangat.

7. Antara air sungai dan pantai tidak menyatu

Air tawar sungai Tamborasi bersentuhan langsung dengan air asin pantai Tamborasi. Meskipun begitu, kedua jenis air ini tidak saling bercampur satu sama lain, seakan ada sekat yang saling membatasi antara keduanya.

8. Habitat dari sejumlah spesies

Belum banyak orang mengetahui jika di Tamborasi adalah habitat dari jenis spesies tertentu yang mendiami tempat itu. Jika beruntung, binatang endemik seperti monyet berbulu emas dan beberapa spesies burung laut akan ditemukan di sekitar Sungai Tamborasi.

Baca Juga: Keindahan Sunset di Jembatan Bakau Kabaena

9. Dipercaya tempat menarik jodoh

Selain hal-hal unik yang telah disebutkan, fakta terakhir dari sungai tamborasi juga dipercayai oleh masyarakat sebagai tempat menarik jodoh.

Jika ada orang mampu mengikatkan tali di akar pohon sekitar sungai, maka masyarakat setempat percaya orang tersebut akan mendapatkan jodoh.

Apabila, orang dimaksud sudah menikah maka hubungan pasangan tersebut akan semakin harmonis dan terjaga.

Salah seorang pengelola wisata pantai Tamborasi, Yusuf (34) menggungkapkan, hal itu sudah menjadi kebiasaan unik para pengujung yang selalu mengikatkan tali pada akar pepohonan yang berada diantara bebatuan besar sekitaran sungai, hal itu karena ada sebagian masyarakat percaya akan mitos itu. Namun, tidak sedikit juga yang hanya sekedar iseng-iseng saja.

"Iye begitu ada juga orang dia percaya kalau ikat akan dapat jodoh tapi ada juga karena mau iseng saja begitu," tutur Yusuf. (B)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga