Ini Alasan Pj Bupati Sebut Bakal Kembalikan Marwah Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 02 Januari 2024
0 dilihat
Ini Alasan Pj Bupati Sebut Bakal Kembalikan Marwah Muna Barat
Penyambutan Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo saat tiba di kediamannya di Desa Latugho, Kecamatan Lawa, Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, sebut akan kembalikan marwahnya Muna Barat. Hal ini dilakukan karena saat ini marwah Muna Barat pudar "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, sebut akan kembalikan marwahnya Muna Barat. Hal ini dilakukan karena saat ini marwah Muna Barat pudar.

Diketahui, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo tiba di kediamannya pada Selasa (2/1/2023), dan langsung berziarah ke makam orang tuanya di Perkuburan Albesia, Desa Watumela, Kecamatan Lawa.

La Ode Butolo mengaku, ia sebelum terlantik sebagai Pj Bupati Muna Barat, jabatan terakhirnya di Kabupaten Muna Barat sebagai staff Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, kemudian dirinya dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara sebagai staff Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya, ia dipercayakan Presiden RI melalui Mendagri dilantik sebagai Pj Bupati. Untuk itu, selaku Pj Bupati Muna Barat ia akan mengabdikan diri mengembalikan Marwah Muna Barat yang mana sebagai tempat tanah kelahirannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan , sejak Muna Barat mekar beberapa tahun yang lalu, dirinya merasakan seolah-olah Marwah Muna Barat pudar karena adanya ketidak disiplinan para pegawai dan staff yang sepenuhnya menjadi bagian dari Muna Barat, lemahnya manajemen dan pengelolaan aset daerah dan kepegawaian, minimnya harmonisasi antar lembaga dan lemahnya daya rekat antar wilayah.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat dan Pj Wali Kota Kendari Resmi Dilantik, Andap Minta Segera Susun Daftar Inventarisasi Masalah

"Yang mana diantara tiga wilayah besar yaitu Kusambi Raya, Lawa Raya, dan Tiworo Raya masih dianggap berpisah dan tersekat, yang seharusnya untuk membangun Muna Barat dibutuhkan kekompakan diantara kita semua," ungkapnya.

Untuk itu, dalam mengembalikan Marwah Muna Barat, ia menekankan beberapa hal yaitu manajemen aset daerah akan dilakukan penataan kembali, tidak boleh ada aset daerah yang beroperasi di luar Kabupaten Muna Barat yang menggunakan plat putih dan hitam serta digunakan pihak-pihak lain.

Selanjutnya, pejabat Muna Barat harus menunjukkan kinerja dan prestasi, pegawai harus berdomisili di Muna Barat, kemudian potensi lokal akan diberdayakan agar dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Muna Barat, integrasi yang utuh dan tak ada sekat di tiga wilayah besar.

Baca Juga: Serah Terima Jabatan Pj Bupati Muna Barat, Bahri Titip Pembangunan Bumi Praja Laworoku Dilanjutkan

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Muna Barat, Husein Tali mengatakan, Muna Barat yang saat ini ditangan Pj Bupati yang baru terlantik menangani beberapa wilayah yakni 11 kecamatan, 81 desa dan 5 kelurahan, begitupun dengan 2.024 ASN dan 2.800 non ASN, serta 426 pejabat eselon II, III, dan IV.

Ia mengatakan, Muna Barat harus terus berjalan dan bangkit pasalnya saat ini berhadapan dengan pesta demokrasi. Yang mana dengan jumlah penduduk di Muna Barat hanya 85.000 harus menonjolkan prestasi ke depannya.

"Saya yakin ditangan Pj Bupati Muna Barat saat ini akan lahirkan prestasi-prestasi gemilang," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga