Ini Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem dari Gubernur Khofifah yang Landa Indonesia

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 26 April 2023
0 dilihat
Ini Tips Hadapi Cuaca Panas Ekstrem dari Gubernur Khofifah yang Landa Indonesia
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berbagi tips untuk menghadapi cuaca panas esktrem yang menghantui Jawa Timur saat ini. Foto: Ist.

" Fenomena cuaca panas terasa di sejumlah daerah di Indonesia dalam sepekan terakhir. Tidak hanya di Indonesia, kondisi ini juga dialami beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, India dan Bangladesh "

SURABAYA, TELISIK.ID - Fenomena cuaca panas terasa di sejumlah daerah di Indonesia dalam sepekan terakhir. Tidak hanya di Indonesia, kondisi ini juga dialami beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, India dan Bangladesh.

Menghadapi cuaca panas tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat agar cermat dalam menyiapkan kondisi tubuh agar tetap fit di cuaca ekstrem. Di antaranya ialah dengan memperbanyak meminum air putih minimal 2 liter per hari. Tak hanya itu, makan makanan yang bergizi dan tinggi kandungan air juga perlu diterapkan.

“Apalagi jika mempunyai kegiatan atau beraktivitas tinggi di luar ruangan, maka minumlah air untuk menggantikan keringat yang hilang. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi kandungan air. Ini penting dilakukan selain menyehatkan, juga menghindari terjadinya dehidrasi,” ujar mantan Mensos itu, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: Antrean Calon Penumpang di Pelabuhan Feri Tampo Diwarnai Keributan

Tips kedua yang bisa dilakukan lanjut Khofifah, yaitu menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan ringan. Tips selanjutnya sebisa mungkin menghindari aktifitas di luar ruangan di siang hari.

“Dan jika sedang beraktifitas di luar ruangan, bisa mengenakan topi atau memakai payung. Mengingat cuaca panas yang terik, sebisa mungkin untuk menghindari paparan langsung matahari,” ajaknya.

Gubernur Khofifah menyampaikan tips kelima yaitu pentingnya menjaga stamina dengan mengonsumsi vitamin dan berolahraga. Sebab, dapat menjaga tubuh tetap pada kondisi bugar.

“Insya Allah kelima tips ini jika dilakukan bisa membuat kita tetap dalam kondisi yang fit meski dalam cuaca panas yang diakibatkan gelombang panas," ujarnya.

Baca Juga: Persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo On The Right Track, Begini Laporan Menlu

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan cuaca dan suhu udara panas yang melanda Indonesia belakangan ini bukan karena gelombang panas. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan ini tidak masuk dalam kategori gelombang panas. Hal tersebut merujuk kepada karakteristik fenomena maupun karakteristik pengamatan suhu.

"Fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara lebih mendalam secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk ke dalam kategori gelombang panas, karena tidak memenuhi kondisi-kondisi tersebut," ujar Dwikorita dalam siaran pers BMKG beberapa hari lalu. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga