Ini Waktu Terbaik Pakai Serum Wajah untuk Hasil Maksimal

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 30 Juli 2023
0 dilihat
Ini Waktu Terbaik Pakai Serum Wajah untuk Hasil Maksimal
Serum wajah dapat digunakan pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Gunakan serum setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembab/moisturizer. Foto: Repro Raenabeauty.com

" Saking banyaknya rangkaian jenis produk perawatan kulit, tak jarang penggunanya jadi bingung urutan skincare yang tepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak wanita menggunakan skincare, namun tak sedikit yang belum mengetahui waktu tepat menggunakan skincare. Salah satu pertanyaan yang kerap mengganjal sejumlah orang yang baru belajar atau mulai rutinitas melakukan perawatan dengan skincare adalah, kapan serum digunakan untuk wajah?

Saking banyaknya rangkaian jenis produk perawatan kulit, tak jarang penggunanya jadi bingung urutan skincare yang tepat. Pemakaian skincare serum umumnya dianjurkan sebelum pelembap atau tabir surya.

Namun, jika kulit cenderung sensitif atau mudah iritasi dan kering, Anda bisa mengoleskan pelembap berbasis air dulu baru serum ke kulit wajah.

Waktu yang tepat untuk menggunakan serum wajah bisa berbeda-beda, tergantung jenisnya. Berikut panduannya dikutip dari Kompas.com:

- Serum anti-pigmentasi dan antioksidan seperti vitamin C pas digunakan sekali sehari pada pagi hari. Formula aktifnya dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, termasuk paparan sinar UV.

Baca Juga: Ini Tips Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang

- Serum anti-penuaan seperti retinol tepat digunakan sekali sehari pada malam hari. Formula aktifnya bekerja berdasarkan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh, yang efektif meregenerasi sel kulit saat istirahat di malam hari.

- Serum pelembap seperti hyaluronic acid cocok digunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari, terutama untuk pemilik kulit kering. Dengan begitu, kelembapan kulit dapat terjaga sepanjang hari.

Dilansir dari Alodokter.com, saat memilih serum agar perhatikan bahwa produk yang Anda gunakan termasuk dalam BPOM, memilih botol/kemasan yang gelap untuk mencegah masuknya cahaya, saat memilih serum sebaiknya menghindari produk yang mengandung asam secara bersamaan seperti vitamin C dengan retinol (bila sedang menggunakan 2 jenis bahan tersebut).

Baca Juga: 8 Tips Kendalikan Porsi Makanan: Ukuran Piring hingga Tinggi Gelas

Melakukan tes alergi misalnya dengan mengoleskan sedikit serum ke kulit tangan dan tunggu selama 48 jam bila muncul gejala alergi seperti gatal, timbul bentol, ruam, rasa panas pada area yang diberi serum maka sebaiknya hentikan penggunaannya dan segera ke dokter secara langsung.

Saat menggunakan serum wajah dapat digunakan pada pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Gunakan serum setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembab/moisturizer, setelah wajah kering dan bersih dapat menggunakan serum pada wajah. Bila penggunaan pada pagi hari dapat menggunakan serum sebelum menggunakan tabir surya.

Selain menggunakan serum, imbangi juga ya dengan pola hidup sehat seperti rutin mencuci wajah, menggunakan tabir surya pada pagi hari, makan makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, perbanyak minum air putih agar kulit tidak kering, istirahat yang cukup dan hindarilah merokok. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga