Inisiatif Pemkab Konawe Selatan: Labelisasi Rumah Penerima Bantuan Sosial, Strategi Efektif Perangi Kemiskinan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 19 Desember 2023
0 dilihat
Inisiatif Pemkab Konawe Selatan: Labelisasi Rumah Penerima Bantuan Sosial, Strategi Efektif Perangi Kemiskinan
Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid, turut membersamai launching pelabelan rumah penerima bantuan sosial. Foto: Prokompim Konawe Selatan

" Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, memimpin launching pelabelan rumah penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, memimpin launching pelabelan rumah penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Langkah inovatif ini diarahkan untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, dan efektivitas dalam penyaluran bantuan sosial, sehingga dapat memberikan dampak maksimal dalam mengatasi kemiskinan di tingkat lokal.

Launching dilakukan serentak pada empat titik kecamatan yakni Konda, Angata, Tinanggea, dan Kolono. Di Kecamatan Konda dipimpin Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, di Kecamatan Angata dipimpin Wail Bupati Konsel Rasyid, Kecamatan Tinanggea, dipimpin Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, dan di Kecamatan Kolono dipimpin Asisten I Setkab Konsel Amran Aras.

Khusus di Kecamatan Konda hadir Sekda Konsel Hj St Chadidjah, anggota DPRD Konsel Nadira, sejumlah pimpinan OPD, camat, kepala desa, Forkopimcam, dan pihak terkait lainnya. Launching labelisasi itu dirangkaikan dengan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai dan kursi roda bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga mengungkapkan, program labelisasi penting agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Foto: Prokompim Konawe Selatan

 

Kepala Dinas Sosial Konawe Selatan, Nurlita Jaya AS mengatakan, pelabelan tersebut sebagai bentuk transparansi penerimaan program bansos baik PKH maupun BPNT. Dilakukan dalam bentuk penyemprotan pada rumah KPM. Label itu sebagai informasi sekaligus kontrol sosial bahwa keluarga yang bersangkutan tergolong keluarga pra sejahtera yang layak menerima bantuan.

Baca Juga: Pemda Konawe Selatan Tekan Angka Kemiskinan Melalui Kerja Sama Perbankan

"Tentunya program ini berjalan lancar berkat dukungan pimpinan daerah khususnya Bapak Bupati H Surunuddin Dangga dan pak Wakil Bupati Rasyid, DPRD, camat, kades/lurah dan seluruh lapisan masyarakat serta pihak terkait lainnya. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," ungkapnya.

Launching pelabelan rumah penerima bansos dilakukan di empat titik kecamatan di Konawe Selatan. Foto: Prokompim Konawe Selatan

 

Sementara itu Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga mengungkapkan, program labelisasi itu penting agar bantuan yang disalurkan, transparan dan tepat sasaran. Labelisasi, lanjutnya, tujuannya semata-mata sebagai alat kontrol dalam pemberian berbagai macam bantuan.

Baca Juga: Investasi Pendidikan: Pemkab Konsel Perkuat Sumber Daya Manusia untuk Menangkal Kemiskinan

Dalam peluncuran program ini, Bupati Konawe Selatan menegaskan bahwa labelisasi rumah tidak hanya sekadar identifikasi fisik, tetapi juga merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa bantuan sosial tepat sasaran dan benar-benar diperlukan oleh penerima.

Tujuan labelisasi rumah penerima bansos semata-mata sebagai alat kontrol dalam pemberian bantuan. Foto: Prokompim Konawe Selatan

 

"Agar bantuan tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan. Dan masyarakat juga dapat terlibat mengontrol pelaksanaan pemberian bantuan," jelasnya.

Bupati mengatakan, akan menginstruksikan seluruh OPD untuk turun ke masing-masing desa. Melihat rumah yang diberi label dan melakukan intervensi atau bantuan yang sesuai. (B-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga