Intip Daftar Tunggu Haji Tercepat dan Terlama di Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 28 Mei 2023
0 dilihat
Intip Daftar Tunggu Haji Tercepat dan Terlama di Indonesia
Faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu keberangkatan antara lain jumlah pendaftar dan kuota tiap provinsi atau kota/kabupaten. Semakin banyak pendaftar, maka akan semakin lama waktu tunggunya. Foto: Serangkota.go.id

" Melaksanakan ibadah haji adalah impian umat muslim. Haji adalah rukun Islam nomor lima, di mana ibadah ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu "

KENDARI, TELISIK.ID - Melaksanakan ibadah haji adalah impian umat muslim. Haji adalah rukun Islam nomor lima, di mana ibadah ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu.

Banyak calon jemaah haji Indonesia yang berusaha menabung bahkan hingga berpuluh tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji. Selain itu, rupanya calon jemaah haji Indonesia harus banyak bersabar karena antrean jika Anda mendaftar di Tahun 2023 ini akan memakan waktu hingga puluhan tahun kedepan.

Berdasarkan data terbaru, daftar tunggu haji atau waiting list haji Indonesia jika mendaftar tahun 2023 ini diperkirakan akan diberangkatkan antara 11 tahun sampai 47 tahun mendatang. Daftar tunggu haji ini berbeda-beda tergantung daerah tempat calon haji mendaftar.

Baca Juga: 12 Jemaah Calon Haji Berangkat ke Mekkah Gunakan Kursi Roda

Mengutip Detik.com, ada 24 provinsi yang dihitung berdasarkan kuota provinsi. Di luar itu, terdapat 128 kota/kabupaten yang tidak menggunakan kuota provinsi, melainkan kuota kota/kabupaten.

Faktor yang mempengaruhi lamanya waktu tunggu keberangkatan antara lain jumlah pendaftar dan kuota tiap provinsi atau kota/kabupaten. Semakin banyak pendaftar, maka akan semakin lama waktu tunggunya.

Dikutip dari Haji.kemenag.go.id, daerah dengan waktu tunggu paling singkat adalah Kabupaten Maluku Barat Daya dengan lama 11 tahun, sedangkan waktu tunggu terlama adalah Kabupaten Bantaeng dengan lama 47 tahun.

Baca Juga: Tunanetra Asal Sumatera Utara Berangkat Haji Bersama Istri

Cara cek daftar waiting list haji

Dikutip Cnbcindonesia.com, cara cek daftar tunggu haji dapat dilakukan dengan membuka website Kemenag di haji.kemenag.go.id, kemudian pilih menu 'Basis Data', lalu pilih 'Waiting List'. Atau kamu bisa langsung klik https://haji.kemenag.go.id/v4/waiting-list untuk masuk ke menu daftar tunggu haji.

Setelah itu akan muncul tabel dengan beberapa kolom, yaitu kolom wilayah, kuota, tahun, porsi terakhir, jumlah pendaftar, dan lunas tunda. Kamu tinggal cari provinsi atau kota/kabupaten tempat kamu mendaftar. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga