Iseng Buat Buket Bunga, Gadis Ini Akhirnya Punya Toko Sendiri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 22 Januari 2022
0 dilihat
Iseng Buat Buket Bunga, Gadis Ini Akhirnya Punya Toko Sendiri
Toko buket bunga milik Prilyan Puspita yang siap dijual. Foto: Nur Khumairah Sholeha Hasan/Telisik

" Buket bunga ialah rangkaian bunga yang dikemas serta dirangkai sedemikian rupa atau lebih akrab dikenal sebagai bunga tangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Buket bunga ialah rangkaian bunga yang dikemas serta dirangkai sedemikian rupa atau lebih akrab dikenal sebagai bunga tangan.

Buket sendiri, biasanya sering digunakan pada hari-hari tertentu seperti saat wisuda, hari ibu, dan sebagai salah satu hadiah yang diberikan pada teman, sahabat, atau pun sanak saudara sebagai ucapan selamat.

Berawal dari keisengan bersama teman kuliahnya pada 2018 saat duduk di bangku semester 7. Inilah yang membuat Prilyan Puspita mencoba untuk membuat buket bunga. Bunga yang dibingkainya kemudian dijual oleh temannya dan selalu habis. Ia kemudian menjual selama beberapa bulan, sempat berhenti karena fokus pada kuliahnya.

Kembali membuka usahanya setelah selesai kuliah walaupun masih dalam skala handmade, karena sering banyak yang memesan, akhirnya dia mencoba untuk memiliki toko sendiri. Gadis 24 tahun tersebut juga selalu mengusahakan untuk melayani customer dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

"Awal punya toko itu, November 2019. Kalau ada yang pesan online biasanya jadi hari ini juga, tergantung kebutuhan customer sih. Misalnya butuhnya hari ini, pesannya pagi, trus selesainya siang," ungkapnya pada Telisik.id, Sabtu (22/1/2022).

Meski begitu, usaha yang dilakukannya juga tak sedikit suka dan duka yang ia alami.

"Pernah ada yang pesan, buketnya ribet lalu beberapa hari kemudian dia cancel, padahal buketnya sudah jadi. Kadang-kadang kita juga ingin menghindari hal-hal seperti ini dengan minta DP (uang muka) duluan, bahkan pernah ada yang tidak jadi membeli karena kita minta DP, jadi sempat dilema sih," ujarnya.

Namun, karena usahanya kian berkembang, kini dia memastikan pada customernya untuk membayar uang muka, sebagai jaminan.

Gadis asal Kendari yang kini berbisnis buket tersebut, sehari bisa membuat 10 jenis buket yang berbeda tergantung permintaan customer.

Baca Juga: COVID-19 Bawa Berkah, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Bisnis Kuliner Rumahan

Salah seorang customernya mengaku senang drngan buket yang dibuat Prilyan.

"Suka sekali sama buketnya cantik, pakai bunga fresh," ungkap Dian Arta.

Seorang pelanggan lainnya, Tuti Akhyar, juga mengaku suka dengan buket yang dibuat olehnya.

"Bagus, ini sudah yang ke-12 kali saya pesan. Saya pesan itu sejak 2019," ungkap Tuti Akhyar

Kini, dia fokus mengembangkan bisnisnya bukan hanya sebatas buket bunga saja.

Baca Juga: Mahasiswa UHO Ajar Warga Pembuatan Pokea Kemasan dan Cangkang Lampu Hias

"Kita di sini selain buket juga ada hampers dan bingkai, jadi kalau ada customer datang pengen bingkai foto, biasa kita buatkan sesuai keinginan," tutupnya. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga