Israel Curi Organ Tubuh Jenazah Warga Palestina, Anak Gaza Pungut Makanan Bercampur Tanah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 14 Maret 2024
0 dilihat
Israel Curi Organ Tubuh Jenazah Warga Palestina, Anak Gaza Pungut Makanan Bercampur Tanah
Di tengah agresi Israel, terlihat anak Gaza terekam memungut makanan usai bantuan pangan yang dikirimkan lewat udara tiba di darat, meski telah bercampur dengan tanah. Foto: Repro AP Hateem

" Pada akhir Desember 2023, Kantor Media Pemerintah Palestina di Gaza mengatakan, Israel telah mencuri organ tubuh 80 jenazah syuhada warga Palestina "

GAZA, TELISIK.ID - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengakui pihaknya telah membongkar kuburan massal di Khan Younis, selatan Jalur Gaza, Rabu (17/1/2024).

Menurut korespondensi Anadolu Agency, IDF merusak pemakaman di dekat RS Nasser dan menggali beberapa jasad korban perang. Tak hanya itu, IDF juga dilaporkan melibas area pemakaman tersebut.

Baru-baru ini, IDF mengakui telah membongkar kuburan massal di Khan Younis dengan dalih mencari sandera Hamas. "Ketika informasi intelijen atau operasional penting diterima, (militer) melakukan operasi penyelamatan sandera di lokasi tertentu, di mana informasi menunjukkan bahwa jenazah para sandera mungkin ditemukan," ujar Juru Bicara IDF, seperti dikutip AlJazeera dari NBC dilansir dari Tribunnews.com.

Sebelumnya, pada akhir Desember 2023, Kantor Media Pemerintah Palestina di Gaza mengatakan Israel telah mencuri organ tubuh 80 jenazah para syuhada warga Palestina.

Baca Juga: Arab Tekan Israel Akui Negara Palestina Merdeka

Menurut laporan tersebut, 80 jenazah itu diterima dalam kondisi sudah dimutilasi usai organ tubuhnya dicuri. Dikutip dari Al Mayadeen, Israel menyerahkan 80 jenazah itu tanpa nama dan menolak menyebutkan secara spesifik dimana para korban diculik. Aksi pencurian organ tubuh itu bukan kali pertama yang dilakukan Israel selama genosida terjadi, menurut pernyataan itu.

Selain itu melansir CNNIndonesia.com, di tengah agresi Israel terlihat anak Gaza terekam memungut bahan makanan usai bantuan pangan yang dikirimkan lewat udara tiba di darat. Meski telah bercampur dengan tanah mereka tetap memindahkan ke tas yang dibawa.

Baca Juga: Serangan Israel Tak Pernah Berhenti, Palestina Terancam Kelaparan

Di belakangnya terlihat para orang dewasa berebut mendapatkan bantuan makanan.

AU Yordania bersama Komando Pusat Amerika Serikat mengirimkan 11.500 bantuan pangan pada Minggu (10/3/2024). Yordania ditunjuk oleh PBB dan donatur dari negara Barat untuk menjadi pusat pasokan kemanusiaan regional ke Gaza. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga