Kadin Sulawesi Tenggara Dorong UMKM Komoditi Pertanian Rambah Pasar Ekspor

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 11 Februari 2023
0 dilihat
Kadin Sulawesi Tenggara Dorong UMKM Komoditi Pertanian Rambah Pasar Ekspor
Kadin Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Suwandi Andi (paling kanan) saat sosialisasi produsen ekspor komoditi pertanian ke beberapa pelaku usaha yang ada di Sulawesi Tenggara. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Wakil Ketua Kadin Sulawesi Tenggara, Suwandi Andi mengatakan, pihaknya akan selalu mendorong pelaku usaha untuk melangkah lebih maju "

KENDARI, TELISIK.ID - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara mendorong pelaku UMKM melakukan ekspor produk pertanian ke berbagai negara.

Wakil Ketua Kadin Sulawesi Tenggara, Suwandi Andi mengatakan, pihaknya akan selalu mendorong pelaku usaha untuk melangkah lebih maju.

"UMKM yang mempunyai produk skala ekspor baik lokal maupun internasional, inilah follow up kita dalam melakukan sosialisasi," bebernya, Sabtu (11/2/2023).

Dia menambahkan, melalui sinergi antara penyelenggara pemerintah, Kadin akan mengawal produk lokal yang ada di Sulawesi Tenggara.

Muslimin M, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulawesi Tenggara menjelaskan, sebagai bagian dari pemerintahan, siap mengawal seluruh produk lokal yang dikembangkan UMKM se-Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Dispar Sulawesi Tenggara Beri Pemahaman Kegunaan HaKI Bagi Pelaku UMKM

“Kami akan menjadi fasilitator bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspor barang keluar negeri," ucapnya.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa produk unggulan yang dimiliki Sulawesi Tenggara yaitu kacang mete, pala, jagung, sabut kelapa dan cengkeh.

"Kami dari Disperindag ada program-program pembinaan. Memfasilitasi para pengusaha untuk melakukan ekspor dengan mengeluarkan dokumen-dokumen surat keterangan asal," tuturnya.

Ia menambahkan, pengurusan surat tersebut sebagai bukti jika produk itu berasal dari Indonesia. Selain itu, peran dari beberapa instansi terkait sehingga persyaratan tujuan ekspor bisa terpenuhi.

Surat keterangan asal bisa diunduh melalui online atau bisa datang langsung ke Kantor Dinas Perdagangan Sulawesi Tenggara dimana pembuatan surat-surat tersebut gratis.

Fatma Rinambo, Plt Sub Koordinator Wilayah Karantina Tumbuhan, Balai Karantina Pertanian Kendari menuturkan, pihaknya memberikan beberapa pelayanan aplikasi yang dapat diakses langsung oleh para pengguna jasa pelaku usaha sehingga lebih efektif dan efisien.

"Kami selalu mendukung, dan melakukan pendampingan pelaku-pelaku usaha yang ada di Sulawesi Tenggara sehingga komoditi ekspor mereka dapat menembus pasar internasional ke negara tujuan," ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Peran Milenial Terhadap Pengembangan UMKM

Dalam sosialisasi tersebut, turut menjadi narasumber Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara, Balai Karantina Pertanian Kendari serta Bea Cukai Kendari.

Sosialisasi tersebut berjalan dengan baik, tak sedikit pelaku UMKM bertanya mengenai persoalan yang mereka hadapi di lapangan seperti kelengkapan surat menyurat untuk kegiatan ekspor serta kendala pemasaran saat memasarkan produk pertanian.

Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai daerah seperti Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe dan Kota Kendari yang bertempat di lantai 15 Sky Lounge Hotel Claro Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga