Karyawan Mandiri Group Potong Gaji dan THR untuk Kemanusiaan

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 11 Mei 2020
0 dilihat
Karyawan Mandiri Group Potong Gaji dan THR untuk Kemanusiaan
Mandiri Gruop salurkan bantuan bagi warga terdampak COVID-19. Foto: Ist.

" Saya takut sekali sama virus ini. Tapi kita mau bikin apa, kalo nda kerja, keluargaku makan apa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Karyawan Mandiri Group rela menyisihkan sebagian gaji dan THR-nya untuk berbagi, meringankan beban hidup masyarakat terdampak COVID-19.

Bantuan sekecil apapun, tentu sangat berarti bagi Burhan (56), tukang becak di Kota Lama, Kendari. Meski berisiko tinggi, Burhan tetap bekerja, agar anak istrinya bisa makan. Namun apalah daya, karena orang lebih banyak beraktivitas di rumah, jumlah pelanggannya menurun drastis, bahkan seringkali tak dapat penumpang sama sekali.

"Saya takut sekali sama virus ini. Tapi kita mau bikin apa, kalo nda kerja, keluargaku makan apa," tutur Burhan sembari menambahkan, bantuan dari Mandiri Group membuatnya bisa bernafas lega, karena tak lagi harus membeli beras beberapa hari ke depan.

Hal serupa dialami Rima (41) yang berprofesi sebagai pemulung. Bantuan dari Mandiri Group membuat keluarganya bisa makan lagi. Pandemi ini membuatnya kehilangan penghasilan, karena kini cukup sulit mendapatkan barang rongsokan.

Baca juga: Siswa SD di Konawe Ujian Sekolah di Rumah

"Terima kasih banyak, bantuan Ini sangat berarti bagi saya. Apalagi anak saya tiga, cari rongsokan susah, barang-barang juga tambah mahal," keluhnya.

Sementara Leli (34), sejak COVID-19 mewabah, nafkah dari suaminya berhenti total. Suaminya yang bekerja sebagai kuli bangunan sudah tak bisa bekerja lagi. Tak heran kalau ibu rumah tangga dengan dua orang anak ini senang bukan kepalang ketika menerima bantuan dari Mandiri Group.

"Keluarga saya bisa hidup lagi," tuturnya.

Vice President Bank Mandiri Kendari Masjid Agung, Rindra Setyawan, mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bagian dari Gerakan Mandirian Cinta Indonesia, sebagai bentuk kepedulian karyawan untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi situasi sulit karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Ali Mazi: Jangan Hanya Karung Dibahas Berminggu-minggu

“Bantuan yang disalurkan sebanyak 6.847 paket sembako melalui 237 kantor cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk di Sulawesi Tenggara kami memberikan bantuan dalam bentuk sembako sebanyak 500 paket sembako senilai Rp 50 juta yang didistribusikan di 20 titik," katanya, Senin (11/5/2020).

Adapun penerima bantuan ini adalah kelompok masyarakat yang kehilangan pendapatan dan yang pendapatannya menurun drastis.

Kelompok masyarakat tersebut mulai tukang parkir, pedagang kaki lima, tenaga harian lepas, pemulung, buruh serabutan, tuna wisma, buruh cuci, pedagang asongan dan pengangkut sampah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.  

“Pada situasi seperti saat ini, diperlukan dukungan seluruh komponen bangsa, mudah-mudahan kondisi dapat kembali normal sehingga perekonomian nasional juga dapat membaik,” tutup Rindra.

Baca juga: Pandemi COVID-19, Atlet Sultra Lakukan Latihan di Rumah

Total THR Direksi dan Komisaris Bank Mandiri serta Perusahaan Anak yang terkonsolidasi sebesar Rp 13,7 miliar dan sumbangan sukarela yang disisihkan dari gaji pegawai dan direksi mencapai Rp 3,3 miliar, sehingga keseluruhan donasi kemanusiaan yang disalurkan Mandiri Group sebesar Rp 17 miliar.

Dari jumlah tersebut, penyaluran yang dilakukan melalui program Mandirian Cinta Indonesia sebesar Rp 10 miliar, yang diberikan dalam bentuk bantuan langsung dan melalui aplikasi LinkAja kepada 2.500 penerima.

Selebihnya, disalurkan melalui program-program Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan COVID-19 yang diselenggarakan oleh masing-masing Perusahaan Anak Mandiri Group.

Baca juga: MUI Provinsi Se-Indonesia Desak Pemerintah Pusat Tolak TKA China

20 cabang yang tersebar tersebut berada di Kota Kendari, Konawe Selatan, Konawe Utara, Bombana, Kota Baubau, Buton, Buton Tengah, Kolaka, Kolaka Utara, Muna. Inisiatif kami menjangkau mereka yang membutuhkan di sekitar cabang Bank Mandiri maupun termpat tinggal atau rumah dinas pegawai cabang," kata Rindra.

Program Mandirian Cinta Indonesia sendiri dilakukan oleh Bank Mandiri beserta grup usaha yang tergabung dalam Mandiri Group, yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank Mantap, Axa Mandiri Financial Services, Mandiri Inhealth, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Utama Finance, Mandiri Sekuritas, Mandiri Capital Indonesia, Mitra Transaksi Indonesia, serta Mandiri Manajemen Investasi.

"Gerakan ini merupakan salah satu ungkapan syukur kami, karena masih menerima rezeki untuk menjalani Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, sekaligus sebagai bentuk empati kami terhadap lingkungan, karena banyak masyarakat yang mengalami kesulitan karena terimbas pandemi COVID-19. Mudah-mudahan pemberian yang sedikit dari Mandirian ini dapat membantu meringankan beban mereka,” ucap Rindra.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Rani

Baca Juga