Komisi III DPRD Sultra Ingatkan Pemerintah tidak Aji Mumpung Gunakan Dana COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 06 Juni 2020
0 dilihat
Komisi III DPRD Sultra Ingatkan Pemerintah tidak Aji Mumpung Gunakan Dana COVID-19
Anggota Komisi III DPRD Sultra, Muh. Irfani Thalib. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Semangat penggunaan anggaran tersebut harus tetap dikedepankan dalam rangka keselamatan dan ketenangan warga. Sehingga tepat sasaran dan bisa dipertangungjawabkan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota Komisi III DPRD Sulawesi Tenggara, Ir. H. Muh. Irfani Thalib mengingatkan pemerintah untuk hati-hati dalam menggunakan anggaran penanggulangan COVID-19.

Irfani mengatakan, terkait bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak pelambatan ekonomi akibat pandemi COVID-19, realokasi anggaran tetap harus prioritas untuk keselamatan warga. Dia juga minta, anggaran Bansos tepat sasaran.

“Semangat penggunaan anggaran tersebut harus tetap dikedepankan dalam rangka keselamatan dan ketenangan warga. Sehingga tepat sasaran dan bisa dipertangungjawabkan," ungkapnya kepada Telisik.id, Sabtu (6/6/2020).

Anggota Komisi III DPRD Sultra itu menilai, di tengah bencana nasional sangat tidak beretika jika penggunaan anggaran tersebut jauh dari semangat nilai kemanusiaan.

“Jangan sampai terjadi penyimpangan, bahkan dijadikan panggung politik, terutama daerah-daerah yang akan pilkada dimana incumbent mencalonkan diri kembali," terang Irfani.

Baca juga: Lagi, Keluarga Pasien COVID-19 Mengambil Paksa Jenazah dari Rumah Sakit

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengusulkan, penggunaan anggaran penanggulangan COVID-19 harus diaudit. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat terlebih pertanggungjawaban terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa yang Maha Mengetahui.

“Ke depan jika perlu penggunaan anggaran tetap dilakukan audit sebagaimana mestinya," tambahnya.

Sekali lagi dia mengingatkan, COVID-19 merupakan bencana yang tak bisa dipandang sebelah mata. Perlu dukungan semua pihak. Jangan sampai ada yang memanfaatkan momen ini untuk pencitraan semata.

"Untuk hal tersebut semua pihak harus meningkatkan rasa kepedulian, gotong royong dan kebersamaan yang tinggi, dengan mengesampingkan sikap mental yang bermuara pada ego sektoral dan sikap aji mumpung,” tutup Anggota DPRD Sultra daerah pemilihan (dapil) Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga