Konawe Sajikan Kampung Durian

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Kamis, 09 Maret 2023
0 dilihat
Konawe Sajikan Kampung Durian
Salah satu tempat peristirahantan yang menyajikan buah durian di Desa Besulutu Kabupaten Konawe. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Bagi warga Kota Kendari yang doyan menyantap buah durian, pada bulan ini Kabupaten Konawe menyajikan kampung durian, di samping masih sangat segar, harganyapun sangat terjangkau "

KONAWE, TELISIK.ID - Bagi warga Kota Kendari yang doyan menyantap buah durian, pada bulan ini Kabupaten Konawe menyajikan kampung durian, di samping masih sangat segar, harganyapun sangat terjangkau.

Selain terkenal dengan penjual jagung rebus (PJR) yang belokasi di Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe juga kinj menjadi penghasil durian dengan hasil panen yang melimpah.

Jika anda pencinta buah durian, tak jauh dari Kota Kendari dan hendak ke Kabupaten Konawe, anda akan akan melintasi Desa Besulutu, Kecamatan Besulutu, anda akan terpukau akan pajangan buah durian, karena hampir sepanjang pinggiran jalan tersebut terlihat para penduduk memajang buah durian di depan rumah mereka.

Baca Juga: Ini Profil dan Harta Kekayaan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa

Salah satu warga yang sempat ditemui Telisik.id yang menyediakan tempat peristerahatan bagi para pengendara mengaku, tahun ini seluruh pohon durian. di Desa Besulutu semua berhasil berbuah di banding tahun lalu.

"Ada tiga puluh pohon lebih saya punya pohon durian dan Alhamdulillah, semua berbuah dan tidak ada yang rusak," ujar Tommy, Kamis (9/3/2023).

Setiap paginya Tommy panen durian di kebun yang tidak jauh dari rumahnya, dalam per harinya ia bisa menjual 50 ikat durian.

"Banyak warga dari Kota Kendari yang sengaja datang bersama keluarganya hanya untuk makan durian," ucap Tommy.

Salah seorang pengunjung, Icha Priyanty mengaku sengaja datang ke Besulutu hanya untuk menikmati buah durian.

"Kami dengan rombongan ibu-ibu lain habis olah raga sengaja datang ke sini hanya mau makan durian," ujar Icha Priyanty.

Selain murah, buahnya juga masih sangat segar, karena duriannya tidak ada yang diperam tapi langsung jatuh dari pohon.

Baca Juga: Pembangunan di Konawe Terus Meningkat, Tak Ada Lagi Desa Sangat Tertinggal

Sebelum anda tiba di Desa Besulutu, jika anda dari kota Kendari, anda akan melintasi Desa Baeni Kecamatan Sampara, dan di situ juga anda akan menemukan pedagang buah rambutan, yang mana hampir di sepanjang desa tersebut terlihat buah rambutan dipajang di pinggiran jalan.

"Kalau buah rambutan di desa kami belum terlalu berbuah, jadi kita ambil dari desa Abuki," ujar Harianty salah seorang penjual buah rambutan

Pembelinya rata-rata orang yang hanya melintas pak, baik orang yang mau turun kekensari atau mau menuju keunaaha, tamba Harianty. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga