Konawe Selatan Raih WTP, Bupati Surunuddin Apresiasi Jajaran

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Konawe Selatan Raih WTP, Bupati Surunuddin Apresiasi Jajaran
Opini WTP yang diraih Oemkab Konawe Selatan, bukanlah tujuan akhir dari proses pelaksanaan APBD. Foto: IKP Diskominfo

" Catatan membanggakan berhasil ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan. Hasil pemeriksanaan keuangan tahun 2022, kabupaten pimpinan Surunuddin Dangga ini, oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) "

TELISIK.ID, KONAWE SELATAN - Catatan membanggakan berhasil ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan. Hasil pemeriksanaan keuangan tahun 2022, kabupaten pimpinan Surunuddin Dangga ini, oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tenggara, Dadek Nandemar menegaskan, setelah pihaknya melakukan pemeriksaan di tahun 2023 atas laporan keuangan tahun 2022, Pemkab Konawe Selatan, telah mengupayakan sejumlah perbaikan dengan melakukan kapitalisasi dan koreksi atas hal yang pernah menjadi catatan dalam pemeriksaan sebelumnya.

Sehingga untuk tahun 2022, pihaknya tidak mendapati permasalahan yang dapat menganggu opini atas laporan keuangan pemerintah konawe selatan.

Baca Juga: Menyaksikan Keindahan Alam dari Puncak Osu Mohai Konawe Selatan

“Untuk tahun ini, Pemkab Konawe Selatan memperoleh opini WTP,“ ujar Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi tenggara, Rabu (31/5/2023).

Ia menambahkan, atas opini tersebut dirinya percaya Pemkab Konawe Selatan akan tetap melakukan yang terbaik, dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Dengan menyelesaikan atau menindak lanjuti, apa yang masih menjadi catatan pemeriksaan. Serta terus mendorong fungsi pengawasan. Di mana, BPK siap terus mendampingi agar predikat yang dicapai dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, yang didampingi wakilnya Rasyid, Ketua DPRD Irham Kalenggo, Sekda, St Chadidjah bersama Kepala BKAD Nisbanurrahim dan sejumlah jajaran OPD, saat menerima laporan hasil pemeriksaan tersebut, di kantor BPK RI Perwakilan Sulawesi Tenggara tentu saja sumringah.

Bupati dua periode itu, memaknai pemberian WTP sebagai bentuk kepatuhan keuangan atas peraturan perundang-undangan. Tak lupa dirinya menyampaikan, ucapan terima kasih pada tim auditor BPK atas bimbingan dan petunjuk. Dirinya menambahkan, siap menindaklanjuti apa yang menjadi masukan dari laporan hasil pemeriksaan tersebut.

Konawe Selatan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Penemuan Mayat Gegerkan Warga Ranomeeto Konawe Selatan

"Dengan hasil ini kedepan kami bisa mengevaluasi kinerja jajaran. Konawe Selatan untuk terus patuh karen lebih berat mempertahankan karena sudah jelas yang menjadi kesalahan atau kekeliruan. Dan regulasi bakal sudah banyak berubah,“ kata Surunuddin.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Konawe Selatan, Irham Kalenggo, jika raihan WTP tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak yang maksimal bekerja baik. Sebagai mitra pengawasan pemkab, DPRD Konawe Selatan siap menindaklanjuti catatan catatan yang diterima.

“Opini ini merupakan pernyataan profesional dari pemeriksa atas kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Terima kasih atas dukungan, arahan dan masukan dari BPK RI Perwakilan SulawesinTenggara. Terima kasih pula kepada bupati dan jajaran yang telah mencurahkan segalanya dalam menjalankan amanah yang diberikan masyarakat,” ujarnya. (A-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga