Kontraktor Proyek Pengaspalan Jalan di Muna Didenda Gegara Menyeberang Tahun

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
Kontraktor Proyek Pengaspalan Jalan di Muna Didenda Gegara Menyeberang Tahun
Proyek pengaspalan jalan yang menggunakan dana PEN. Foto: Sunaryo/Telisik

" Puluhan proyek pengaspalan di Kabupaten Muna yang anggarannya bersumber pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tahun 2022, tak selesai dikerjakan oleh kontraktor hingga 31 Desember "

MUNA, TELISIK.ID - Puluhan proyek pengaspalan di Kabupaten Muna yang anggarannya bersumber pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tahun 2022, tak selesai dikerjakan oleh kontraktor hingga 31 Desember.

Buntutnya, proyek-proyek senilai miliaran rupiah itu harus menyeberang ke tahun 2023. Pihak kontrkator masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaannya di awal tahun ini.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Adi Mulya menerangkan, proyek peningkatan jalan itu masih ada sekitar 10 paket yang belum selesai diaspal. Lokasinya tersebar di beberapa kecamatan, antara lain Lambiku, Tampo, Kecamatan Napabalano, Kampung Lama dan Kecamatan Tongkuno.

Baca Juga: Bus Berhenti di Pinggir Jalan Diduga Sebabkan Kemacetan

"Pekerjaanya rata-rata belum diaspal," kata Adi Mulya, Kamis (12/1/2023).

Keterlabatan pekerjaanya itu disebabkan, karena tidak tersedianya stok aspal. Padahal, pihak kontraktor sejak Oktober 2022 lalu, telah memberikan panjar pada pemilik AMP, namun aspal belum tersedia.

"Kendalanya ada di aspal," sebutnya.

Plt Kadis PUPR Muna, Aswan Kuasa mengaku, pihak kontraktor telah berjanji akan menyelesaikan pekerjaanya dalam Januari ini. Mereka sudah siap menerima konsekuensi denda 1/1000 dari prorges fisik pekerjaan.

Baca Juga: Dua Sumber Dana Revitalisasi Lapangan Gajah Mada Medan Diduga Ada Gratifikasi

"Kita sudah sampaikan, bila dibiarkan, dendanya akan semakin besar," ujarnya.

Untuk pencairan dana, baru berkisar antara 70-80 persen. Bila cepat diselesaikan dalam bulan ini, maka secara otomatis sisa danannya baru bisa dicairkan di Oktober mendatang.

Aswan juga menegaskan pada kontraktor agar selalu mengutamakan kulitas pekerjaan sehingga, pengguna jalan bisa nyaman. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga