Korban Kecelakaan KM Sumber Baru di Wakatobi Dapat Bantuan Sosial

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 04 September 2021
0 dilihat
Korban Kecelakaan KM Sumber Baru di Wakatobi Dapat Bantuan Sosial
Pemberian bantuan kepada keluarga korban kecelakaan KM Sumber Baru di Wakatobi. Foto: Ist.

" Mereka memberikan bantuan sosial berupa santunan uang untuk bisa membantu para korban kecelakaan "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Proses evakuasi muatan dan perlengkapan kapal KM Sumber Baru yang mengalami kecelakaan di perairan Wakatobi pada Sabtu (28/8/2021) lalu, masih terus dilakukan.

Evakuasi yang dilakukan hingga hari ini, Sabtu (4/09/2021), juga melibatkan masyarakat. Pasalnya, masyarakat pulau Tomia hingga masih menjunjung falsafah leluhur "Po asa asa PO hamba hamba " yang jika diterjemahkan adalah gotong royong.

Olehnya itu, bantuan sosial dari lembaga- lembaga pemerhati masyarakat mulai berdatangan untuk membantu para korban kecelakaaan, mulai dari masyarakat Tomia, lembaga KAMMI, Dandim 1413 Buton serta Polres Baubau.

Mereka memberikan bantuan sosial berupa santunan uang untuk bisa membantu para korban kecelakaan.

"Alhamdulillah, hari ini kami bisa menyalurkan donasi yang mungkin jumlahnya tidak banyak, tetapi nilai moral yang sangat mahal kita saksikan di sini adalah pelajaran hidup dari leluhur kita falsafah orang Tomia "po asa asa, PO hamba hamba" ini masih terus kita hidupkan," kata Adi Majun, salah satu tim relawan pemberi bantuan, Sabtu (4/9/2021).

"Ini budaya kita yang mestinya dilestarikan dan kita tanamkan dalam jiwa. Ini warisan leluhur kita yang masih ada sampai saat ini dan terus kita pertahankan," sambungnya.

Pemberian donasi tersebut diberikan bersama Camat Tomia, Koramil Tomia, serta anggota Polsek Tomia yang diberikan langsung kepada istri pemilik kapal KM Sumber Baru, Jusliani.

"Terimakasih banyak sudah membantu, kepada tetangga, masyarakat serta semua pihak dalam upaya memberikan bantuan," ujar Jusliani.

Baca Juga: Progres Pencegahan Korupsi di Pemkot Kendari Bertahan di Posisi Ketiga

Baca Juga: Gelar Pesta Pernikahan Saat PPKM Level 4, Pengantin Diswab Antigen dan Hajatan Dibubarkan

Sementara itu, pihak Polsek mengapresiasi atas bantuan tersebut. Saat ini Polsek Tomia berusaha mengamankan barang dari kapal ke rumah pemilik kapal.

"Saat evakuasi kami ingin sekali menjaga keamanan kapal, tetapi wilayah karamnya kapal bukan lagi wilayah teritorial Polsek Tomia. Kami juga sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan bantuan sosial ini agar dapat meringankan beban keluarga korban," kata Briptu Ruslan.

Diketahui, kerugian yang dialami akibat tenggelamnya KM Sumber Baru GT 30 mencapai Rp 1 miliyar, yang terdiri dari barang sembako titipan warga Tomia, barang kebutuhan rumah tangga, serta beberapa barang elektronik seperti kulkas dan lainnya.

Selain itu, juga terdapat barang yang bernilai tinggi milik sebuah perusahaan yang ada di Wakatobi. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga