Kota Kendari Dikepung Banjir Akibat Drainase Tak Berfungsi

Muh. Aswad Raudatul Atfal, telisik indonesia
Kamis, 15 Desember 2022
0 dilihat
Kota Kendari Dikepung Banjir Akibat Drainase Tak Berfungsi
Suasana banjir yang menutupi ruas jalan di Kota Kendari mengakibatkan kemacetan. Foto: Muhammad Aswad Raudatul Atfal/Telisik

" Kondisi curah hujan yang tinggi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membuat sejumlah lokasi terendam banjir "

KENDARI, TELISIK.ID - Kondisi curah hujan yang tinggi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membuat sejumlah lokasi terendam banjir, Kamis (15/12/2022)

Hujan yang melanda Kota Kendari disertai angin kencang hingga diwarnai petir, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Akibatnya beberapa kendaraan yang melintas di jalan raya tertimpa dengan patahan pohon tumbang.

Tak sedikit pengendara motor mengalami mati mesin akibat banjir tersebut. Sehingga harus turun mendorong motor melewati genangan banjir.

Baca Juga: Warga Adukan PUPR ke Ombusdman dan DPRD Sulawesi Tenggara Soal Rendahnya Ganti Rugi Lahan

Pantauan Telisik.id, lokasi yang mengalami banjir, di antaranya wilayah Jalan H.E.A Mokodompit (Simpang tiga kampus UHO), Jalan Martandu Kelurahan Kambu, Perempatan Bundaran Pesawat, Kelurahan Lepolepo, Jalan DI Pandjaitan depan Rumah Sakit Mulia.

Salah satu warga, Rian mengatakan, meski hujan tak sampai sejam di wilayah Lepolepo, tepatnya di area depan Rumah Sakit Hati Mulia sudah menjadi langganan banjir tiap kali turun hujan.

"Drainase tidak berfungsi yang ada di sekitar sini, akhirnya air bukan lagi lewat di drainase tapi sudah lewat di jalan raya," ujar Rian.

Baca Juga: Generasi Milenial Harus Bisa Mencintai Dunia Bertani

Banjir ini juga mengakibatkan kemacetan di area depan SPBU Anduonohu Bundaran Tank, dikarenakan tidak berfungsinya drainase setempat dan air memenuhi badan jalan.

Salah satu pengguna jalan, Ulva mengatakan, di saat hujan pasti akan menyebabkan banjir di depan SPBU Anduonohu hingga Bundaran Tank dan akan menyebabkan kemacetan.

“Kalau banjir di Bundaran Tank itu karena nda jalan drainasenya, setiap hujan pasti akan banjir dan pasti macet,” ungkap Ulva. (B)

Penulis: Muhammad Aswad Raudatul Atfal

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga