KPU Abaikan Keberatan Kubu Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran Soal Independensi MNC Group di Debat Ketiga Capres

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 03 Januari 2024
0 dilihat
KPU Abaikan Keberatan Kubu Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran Soal Independensi MNC Group di Debat Ketiga Capres
Debat pertama capres di kantor KPU RI pada 12 Desember 2023. Foto: Mustaqim/Telisik

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan tak akan mengubah keputusan yang sudah disepakati bersama dengan tim pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden perihal stasiun penyelenggara debat capres pada 7 Januari 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Komisi Pemilihan  Umum (KPU) RI menegaskan tak akan mengubah keputusan yang sudah disepakati bersama dengan tim pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden perihal stasiun penyelenggara debat capres pada 7 Januari 2024.

Komisioner KPU RI, August Mellaz, menyebut stasiun televisi yang akan menyelenggarakan debat ketiga untuk capres adalah MNC Group. Korporasi stasiun televisi ini dimiliki oleh Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, yang masuk dalam koalisi pengusung Ganjar-Mahfud.

Selain dengan tim pemenangan masing-masing pasangan capres-cawapres, August mengatakan kesepakatan juga telah diterima oleh setiap stasiun televisi pemegang hak siar penyelenggaraan debat.

“Semua media penyelenggara yang kami undang untuk menyiarkan pelaksanaan debat baik satu, dua, tiga, empat, dan lima duduk dalam satu meja membahas persoalan ini bersama-sama dan membagi peran masing-masing,” ujar August kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga: Kader Golkar Minta Penganiayaan Relawan Ganjar-Mahfud Tak Diseret ke Persaingan Pilpres 2024, Enam Oknum TNI Tersangka

Keberatan terkait hak siar stasiun televisi untuk debat ketiga capres yang dipegang oleh MNC Group sebelumnya dilayangkan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Parbowo-Gibran. Begitu pun oleh Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

August mengaku sudah menerima surat keberatan dari TKN Prabowo-Gibran. Namun, dia tetap meyakini stasiun televisi pemegang hak siar adalah kredibel sebagai lembaga penyiaran. KPU pun terus berupaya merampungkan persiapan debat.

Mengenai lokasi debat, August tidak menyebutkan. Dia hanya mengatakan tetap di Jakarta dan di dalam ruangan. “Yang berikutnya tetap dilaksanakan di Jakarta tetapi dalam gedung indoor,” jelasnya.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengaku bahwa pihaknya meminta KPU meninjau ulang monopoli hak siar oleh MNC Group untuk menyelenggarakan debat capres pada 7 Januari 2024.

“TKN kirim surat kepada KPU minta supaya penyelenggaraannya ditukar. Alasannya apa? Kan nggak elok dalam satu sesi debat ketiga ini penyelenggaranya empat (stasiun) TV (dalam) satu grup MNC dan semuanya afiliasi, ini namanya dominasi market (pasar, red),” tegas Nusron di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Selasa (2/1/2024) malam.

Nusron beralasan, memberi kesempatan kepada MNC Group menyiarkan debat ketiga capres telah merugikan bagi stasiun televisi lain dalam menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat.  

“Kami tidak anti-MNC, kami nggak mengatakan MNC tidak netral, enggak, apalagi iNews bagus, semuanya bagus, ya kan. Namun karena ini dimiliki oleh satu grup, kami tidak bisa, menurut masalah persaingan usaha tidak bagus, kasian TV yang lain,” kilah Nusron.

Alasan lain, kata Nusron, MNC Group pemiliknya adalah Hary Tanoesoedibjo yang notabene Ketua Umum Partai Perindo, salah satu parpol pengusung capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud yang ikut berkontestasi di Pilpres 2024.

“Kebetulan pemilik MNC Group itu adalah ketua umum partai yang juga mendukung paslon tertentu. Jadi ya mohon maaf, kami terpaksa mengirim surat (kepada KPU) supaya ada pemerataan dan check and balance,” ujar Nusron.

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sebelumnya juga menyatakan keberatan MNC Group sebagai penyelenggara tunggal debat capres ketiga. Dia memaklumi bos korporasi media tersebut adalah Hary Tanoesoedibjo. Karena itu, Cak Imin merasa khawatir stasiun televisi penyelenggara bisa independen.

Cak Imin mengingatkan MNC sebagai lembaga penyiaran harus terbebas dari kepentingan politik. Dia kemudian meminta KPU mendengarkan protes tim capres-cawapres terkait kekhawatiran ketidaknetralan dan monopoli hak siar.

“Kita harap MNC membuktikan bahwa dia menjadi independen kalau tidak bisa membuktikan memang protes itu harus didengar KPU,” harap Cak Imin usai bertemu nelayan di permukiman kampung nelayan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2023).

Baca Juga: Andika Perkasa Geram Relawan Ganjar-Mahfud Dianiaya, IMPARSIAL Desak Jokowi Copot Panglima TNI dan KSAD

Menanggapi kekhawatiran dari kubu capres nomor urut 1 dan nomor urut 2, Hary Tanoesoedibjo menyatakan tidak akan ada konflik kepentingan dalam penyelenggaraan debat ketiga capres.

“Enggak ada. Enggak ada conflict of interest (konflik kepentingan, red),” tegas Hary, Senin (1/1/2024).

Hary mengatakan, medianya hanya berperan sebagai media penyiar dan KPU sudah menyetujui MNC Group sebagai penyelenggara debat ketiga. “Tanya KPU saja, ya. Kita cuma broadcast (siaran, red) saja,” ujarnya.

Debat ketiga capres pada 7 Januari 2024 akan disiarkan oleh jaringan MNC Group, yakni RCTI, Global TV, dan iNews TV. Tema debat adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga