Mahasiswa KKA UM Buton Cegah Kriminalisasi dan Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 10 Oktober 2023
0 dilihat
Mahasiswa KKA UM Buton Cegah Kriminalisasi dan Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar
Mahasiswa KKA Tematik angkatan XXV UM Buton saat melakukan sosialisasi hukum dan Pancasila di SDN 107 Buton. Foto: Ist.

" Mahasiswa Kuliah Kerja Amalia (KKA) Tematik Angkatan XXV Universitas Muhammadiyah (UM) Buton, Posko Desa Sukamaju melaksanakan sosialisasi tentang hukum dan Pancasila untuk siswa di SDN 107 Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Amalia (KKA) Tematik Angkatan XXV Universitas Muhammadiyah (UM) Buton, Posko Desa Sukamaju melaksanakan sosialisasi tentang hukum dan Pancasila untuk siswa di SDN 107 Buton, Selasa (10/10/2023).

Kordes Sukamaju, Rusli La Isi mengatakan, kegiatan sosialisasi yang diikuti siswa kelas lV hingga VI ini mengambil tema mencegah kenakalan dan kriminalitas anak dengan memahami nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bagian dari program kerja KKA Tematik Posko Desa Sukamaju yang dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Hukum,” katanya.

Baca Juga: 10 Hari Hilang, Basarnas Tutup Pencarian Nelayan di Buton Selatan

Mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum ini menyebutkan, tujuan melakukan sosialisasi ini agar siswa SDN 107 Buton dapat memahami tentang sila-sila Pancasila, serta mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, diharapkan juga sangat berperan dalam membentuk generasi yang memiliki kesadaran ber-Pancasila.

“Pancasila adalah basis dari sistem nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila seperti kebhinekaan, persatuan, dan kemanusiaan sangatlah penting untuk ditanamkan pada anak sekolah dasar,” ungkapnya.

Hal ini dikarenakan anak-anak merupakan masa depan bangsa, dan telah menjadi kewajiban untuk membentuk karakter mereka dengan nilai-nilai yang benar dan positif.

Ia menambahkan, dalam memahami nilai-nilai Pancasila maka perlu ditekankan pada para siswa akan dampak dan bahaya dari bullying. Terlebih, bullying kerap dijumpai dalam lingkungan masyarakat.

Baca Juga: Rumah Warga di Buton Selatan Dilalap Si Jago Merah

“Melalui sosialisasi ini, saya berharap siswa SDN 107 Buton dapat memahami arti bullying, hukum dan nilai-nilai Pancasila, sehingga mereka bisa menerapkannya di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-harinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SDN 107 Buton Anwar, berterima kasih kepada seluruh mahasiswa KKA Tematik UM Buton yang telah memberikan penyuluhan. Ia juga berharap, adanya kegiatan ini siswa dapat berperilaku baik di sekolah, maupun dalam kehidupan sehari-harinya.

“Sosialisasi penyuluhan hukum ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SDN 107 Buton. Apalagi di era saat ini lagi trendnya tentang bullying. Ini seakan telah membantu para guru dalam mensosialisasikan bullying kepada para siswa,” tutupnya. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga