Masyarakat Sampolawa Keciprat Bantuan Usaha Ekonomi Produktif

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Selasa, 13 Juni 2023
0 dilihat
Masyarakat Sampolawa Keciprat Bantuan Usaha Ekonomi Produktif
Masyarakat Desa Hendea, penerima bantuan melalui usaha ekonomi produktif. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan mengadakan program bantuan yang diapresiasi oleh masyarakat, khususnya Kecamatan Sampolawa "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan mengadakan program bantuan yang diapresiasi oleh masyarakat, khususnya Kecamatan Sampolawa.

Berbagai kelompok masyarakat menerima bantuan, mulai dari KUBE Karang Taruna, Usaha Ekonomi Produktif (UEP) lansia dan disabilitas, hingga UEP pemberdayaan perempuan kepala keluarga.

Kegiatan penyerahan bantuan dilaksanakan di beberapa tempat, yakni di Desa Hendea, Kelurahan Jaya Bakti dan Desa Bangun. Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman kepada kelompok masyarakat.

"Tentu kami berharap apa yang telah diberikan tidak hanya dimanfaatkan sebaik mungkin, tapi juga dijaga dan dirawat," ucap La Ode Budiman dalam sambutannya.

Baca Juga: Pj Bupati Buton Selatan Imbau Masyarakat Tidak Mudah Terpengaruh Hoaks

Dalam laporan singkatnya, Kepala Dinas Sosial, Salimu mengatakan, bantuan bagi kelompok masyarakat itu merupakan permintaan masyarakat kepada Dinas Sosial.

"Bantuan ini berdasarkan proposal yang masuk ke kami (Dinas Sosial), sesuai dengan kebutuhan masyarakat," jelas Salimu.

Dalam pelaksanaannya, OPD teknis telah melakukan verifikasi terlebih dahulu terkait kebutuhan dan bantuan yang akan diberikan.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan berupa alat pertanian bagi KUBE karang taruna, bibit ternak ayam bagi para lansia dan disabilitias, serta alat pembuatan roti dan penjualan ikan bagi UEP PEKKA.

Baca Juga: Edukasi Pemilih Buton Selatan, Hugua: Cari Pemimpin Berkarakter

Diketahui, bantuan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dinas Sosial tahun anggaran 2023.

Salah seorang masyarakat Kelurahan Jaya Bakti, Ira mengungkapkan, rasa terimakasih kepada pemerintah desa dan Pemda Buton Selatan dengan adanya bantuan yang diberikan.

"Sangat membantu, apalagi kami di desa ini masih belum memadai untuk peralatan pembuatan roti, tapi dengan adanya bantuan ini, tentu kita merasa terbantu sekali," ujar Ira, sebagai penerima bantuan. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga