Mau Kaya di Medsos? Ini 5 Cara Dapat Uang dari TikTok

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 03 Agustus 2022
0 dilihat
Mau Kaya di Medsos? Ini 5 Cara Dapat Uang dari TikTok
Ilustrasi TikTok, beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan. Foto: PIXABAY

" TikTok, platform berbagi video pendek asal China telah menjelma menjadi raksasa baru di industri media sosial. Bahkan saking suksesnya, sampai-sampai fitur TikTok kerap ditiru oleh pesaingnya, Instagram "

KENDARI, TELISIK.ID - TikTok, platform berbagi video pendek asal China telah menjelma menjadi raksasa baru di industri media sosial. Bahkan saking suksesnya, sampai-sampai fitur TikTok kerap ditiru oleh pesaingnya, Instagram. 

Berkat kepopuleran TikTok, sejumlah penggunanya telah menjelma menjadi influencer baru. Mereka kini menjadikan TikTok sebagai sumber pendapatan. 

Kalau Anda tertarik ingin memanfaatkan sosial media sebagai sumber cuan, berikut adalah 3 cara menghasilkan uang dari TikTok:

1. Dana Konten

Melansir CNBCIndonesia.com, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendapatkan uang dari dana konten TikTok. Artinya, TikTok yang akan langsung membayar Anda atas konten yang telah diunggah. Namun, untuk bisa mendapatkan dana ini, Anda harus sudah memiliki banyak pengikut. 

Kalau pengikut TikTok Anda masih sedikit, Anda bisa memancing followers dengan berbagai cara. Salah satunya, posting konten menarik secara teratur dan jangan melewatkan momen yang sedang menjadi tren.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Berkaitan Sumber Daya Laut, Apa Saja?

Jangan lupa untuk terus terlibat dengan followers, ya. Semakin banyak berinteraksi, semakin baik kinerja posting-an.

2. Endorsement

Endorsement merupakan cara lain bisa mendapatkan uang dari TikTok. Di sini, Bunda bisa mulai bekerja sama dengan merek atau suatu brand untuk memposting sebuah konten.

3. Gunakan fitur berjualan

Bukan seorang influencer saja yang juga tetap bisa mendapatkan uang lewat TikTok, Hal ini berlaku untuk yang seorang wirausaha atau seorang pedagang.

TikTok memiliki beragam fitur yang bisa digunakan untuk menumbuhkan penjualan. Misalnya saja TikTok Live dan TikTok Shop.

4. Tentukan waktu unggah

Apapun konten yang akan dibagikan di TikTok, ada baiknya diunggah berdasarkan waktu-waktu tertentu. TikTok memungkinkan untuk melihat kapan audiens aktif.

Seperti platform media sosial lainnya, beberapa waktu yang paling efektif untuk mem-posting konten adalah pagi hari, sore, dan hari Minggu. Pikirkan juga tentang jam berapa audiens akan memegang handphone dan membuka media sosial.

5. Membentuk branding

Melansir Kompas.com, untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah Anda diharapkan mampu membuat suatu unggahan konten yang konsisten serta memiliki branding sendiri.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Tumbuhkan Motivasi dalam Diri Sendiri

Branding atau merek ialah kunci agar Anda bisa dikenal dengan mudah. Branding di sini artinya adalah jatidiri Anda.

Di bidang pemasaran (marketing), merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apapun yang bisa menghasilkan uang. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga