Menanti Pengumuman Kapolri, Ferdy Sambo Diduga Jadi Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 09 Agustus 2022
0 dilihat
Menanti Pengumuman Kapolri, Ferdy Sambo Diduga Jadi Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J
Kisah La Izati, Remaja Baubau Tampil di Ajang The Voice All Start

" Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo disebut akan mengumumkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat pada sore ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo disebut akan mengumumkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka baru dalam kasus pembunuhan Brigadir J alias Nopryansah Yosua Hutabarat pada sore ini, Selasa, (9/8/2022).

Nama Jenderal Sambo menjadi sorotan setelah Bharada E alias Richard Eliezer Pudihang Lumiu mengubah keterangannya. Skenario awal yang disebut baku tembak, ternyata berbalik 180 derajat.

Bharada E akhirnya mengakui tidak ada baku tembak dan dirinya menjadi penembak pertama atas perintah atasan.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md, sempat memberikan sinyal adanya tersangka baru itu.

Mahfud menyebut sudah ada tiga tersangka dalam kasus ini. "Tersangkanya sudah tiga, tersangka tiga, itu bisa berkembang," kata Mahfud Md dilansir Voxtimor.com

Baca Juga: Kapolri Hati-Hati Soal Kematian Brigadir J, Ingatkan Jenderal Hoegeng ‘Ditendang’ Saat Tangani Kasus Besar

Akan tetapi Tersangka ketiga yang disebut Mahfud adalah supir dari istri Ferdy, Putri Candrawathi. 

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Deddy Prasetyo membenarkan kabar bahwa akan ada pengumuman tersangka baru pada hari ini. Akan tetapi Deddy tak bisa memastikan siapa tersangka tersebut.

"Iya, betul (diumumkan oleh Kapolri). (Diumumkan) Di atas pukul 16.00 WIB, coba koordinasi dengan kepala biro nanti sampaikan kepada teman-teman (media)," kata Dedi.

Melansir Tempo.co, internal kepolisian menyebut nama Ferdy Sambo yang akan menjadi tersangka baru itu. Kemarin, tim khusus yang dipimpin oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono kembali memeriksa Ferdy. Pemeriksaan dilakukan di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) di Kelapa Dua, Depok.

Baca Juga: Ferdy Sambo di TKP, Tangis dan Penyesalan Bharada E Usai Bunuh Brigadir J

Peran Ferdy dalam kematian Brigadir J terungkap dalam keterangan terbaru Bharada E. Dalam keterangan itu, dia mencabut pernyataan soal baku tembak dengan Yosua di kediaman Ferdy pada 8 Juli 2022.

Bharada E menyatakan bahwa dirinya turun dari lantai dua karena mendengar kegaduhan di lantai satu. Sesampainya di bawah, dia mengaku melihat Ferdy Sambo sedang memegang pistol sementara Brigadir J sudah terkapar bersimbah darah. Dia juga mengaku sempat menembak Yosua atas perintah Ferdy. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga