Modus Penipuan Lewat Transfer Dana Kembali Terjadi, Korban Mahasiswa di Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Modus Penipuan Lewat Transfer Dana Kembali Terjadi, Korban Mahasiswa di Kendari
Setelah saldo Dana terisi kemudian terduga pelaku berlagak kekurangan uang, kemudian menghampiri rekannya yang berada di luar lalu kabur. Foto: Ist.

" Sebuah modus penipuan lewat transfer dana kembali terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Kali ini, seorang mahasiswa yang juga pemilik konter menjadi korban dari aksi curang tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebuah modus penipuan lewat transfer dana kembali terjadi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Kali ini, seorang mahasiswa yang juga pemilik konter menjadi korban dari aksi curang tersebut.

Arya Pratama (21), seorang mahasiswa jurusan kewirausahaan di Universitas Madala Waluya, Kendari, menjadi sasaran dari aksi penipuan yang terekam kamera CCTV pada Jumat (21/7/2023) lalu.

Konter milik Arya Pratama, terletak di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, telah beroperasi selama tiga tahun. Ia membuka konter tersebut dengan harapan bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membiayai kuliahnya.

Namun, nasib berkata lain ketika pada Jumat malam, aksi penipuan menghampiri bisnisnya. "Sudah dua kali, saya alami kejadian serupa," ungkap Arya dengan nada kecewa, Minggu (23/7/2023).

Baca Juga: Residivis Penipuan Modus Transfer BRI Link Diamankan, Ngaku Petugas BNN

Pada malam kejadian, sekitar pukul 19.00 Wita, dua orang pria datang ke konter Arya. Satu di antaranya masuk ke dalam konter untuk mengisi saldo dompet digital Dana, sementara yang lain menunggu di luar.

Setelah saldo terisi, pria yang berada di dalam berpura-pura kekurangan uang dan menghampiri temannya di luar. Tanpa ragu, kedua pelaku lalu melarikan diri dengan cepat, menyisakan kerugian sebesar Rp 300.000 pada malam itu, dan sebelumnya, sebesar Rp 195.000.

Setelah menjadi korban, Arya melaporkan kejadian itu ke Polresta Kendari. Namun, sampai saat ini belum ada tindakan lanjut dari pihak berwajib.

"Sudah, tapi katanya belum bisa ditindak. Alasannya karena kerugian di bawah Rp 2,5 juta," ucapnya.

Ketika ditanyai lebih lanjut tentang perasaannya sebagai korban penipuan, Arya menjelaskan, "Sebenarnya, bukan masalah kerugian uangnya. Tapi karena saya dari kampung, dan saya rasa khawatir dengan keamanan di Kota Kendari," bebernya.

Baca Juga: Korban Dugaan Penipuan Proyek AC di Bandara Kualanamu Deli Serdang Kecewa pada Penyidik

Arya menceritakan pengalamannya yang lain saat mengalami penipuan yang hampir berhasil di atasi. "Ada dulu yang beli pulsa, dia lari dan tidak bayar. Akhirnya, saya mengejarnya sampai depan kampus, tapi dia kabur lagi. Motor yang dia pakai, akhirnya saya amankan ke Polsek Poasia," kenangnya.

Sindyari (20), pacar Arya Pratama, juga memberikan penjelasan tentang kejadian pada malam itu. "Saat kejadian, saya jaga di konter. Saya lihat pelaku-pelaku itu datang, tapi saya tidak duga mereka akan melakukan penipuan," ucapnya.

Dalam rekaman CCTV yang diterima oleh Telisik.id berdurasi 21 detik, terlihat dengan jelas wajah terduga pelaku yang menggunakan topi hitam dan baju kaos lengan panjang warna hitam dengan celana pendek loreng dan sendal jepit. Pelaku terlihat tenang saat mengisi saldo Dana sebelum melancarkan aksinya. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga