Musrenbang RKPD Kabupaten Konawe Kepulauan Hadirkan Harmonisasi Program Prioritas Daerah

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Kamis, 21 Maret 2024
0 dilihat
Musrenbang RKPD Kabupaten Konawe Kepulauan Hadirkan Harmonisasi  Program Prioritas Daerah
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, Safiuddin Alibas. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Musrenbang RKPD Kabupaten Konawe Kepulauan tahun 2025, bertujuan menciptakan harmonisasi baik program prioritas daerah, provinsi serta nasional maupun harmonisasi prioritas antar OPD "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Konawe Kepulauan tahun 2025, bertujuan menciptakan harmonisasi baik program prioritas daerah, provinsi serta nasional maupun harmonisasi prioritas antara OPD.

Dalam acara bertema transformasi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya melalui penguatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang berkualitas itu merupakan puncak serangkaian proses pembangunan daerah dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2025 yang dilaksanakan di bulan Desember 2023.

Lalu dilanjutkan dengan kegiatan musrenbang tingkat desa, kemudian musrenbang tingkat kecamatan hingga sampai pada forum perangkat daerah yang dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2024.

Baca Juga: Kejati Sulawesi Tenggara Kunker di Kabupaten Konawe Kepulauan

Kepala Bappeda Konawe Kepulauan, Safiuddin Alibas, menjelaskan, musrenbang yang dilaksanakan hari ini bertujuan selain dari melakukan harmonisasi program prioritas daerah, provinsi serta nasional, juga melakukan harmonisasi prioritas antara OPD dan stakeholder terkait dalam penetapan program prioritas dan menjadikan kegiatan musrenbang sebagai salah satu forum silaturahmi dalam konteks perencanaan pembangunan daerah.

Acara tersebut dihadiri oleh Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala OPD, Polri, TNI, Kementerian Agama, BPD, Pimpinan Cabang Bank Sultra Konawe Kepulauan, organisasi profesi, dan forum anak.

"Di dalam forum inilah semua bisa saling bertukar pikiran diskusi seperti tadi, sharing pendapat yang semata-mata untuk kemajuan daerah yang kita cintai bersama," ujar Kepala Bappeda Safiuddin Alibas, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Kades dan Operator Desa Dilatih Gunakan Aplikasi SIPD

Safiuddin Alibas mengungkapkan beberapa hal yang menjadi program prioritas dalam RKPD yaitu pembangunan infrastruktur yang merupakan prioritas utama, pembangunan SDM, dan penguatan sektor-sektor ekonomi, serta melakukan penatakelolaan birokrasi yang berkualitas dan pelayanan publik yang berkelanjutan.

"Langkah ini merupakan suatu upaya untuk mendorong optimalisasi penerimaan daerah," terangnya.

Kepala Bidang Perencanaan Mikro Bappeda Sulawesi Tenggara, Hasrullah meminta kepada Bappeda Konawe Kepulauan agar merespons dan melaksanakan beberapa usulan secara baik sesuai dengan rencana.

"Jika memang belum termuat di rancangan awal atau dalam rancangan maka baiknya direspons karena beberapa usulan bisa dikatakan masuk dalam usulan program skala prioritas," ungkap Hasrullah. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga