Niat Jual Motor Hasil Curian, Pelaku Curanmor di Kendari Diamankan Warga

Wahyudin Wahid, telisik indonesia
Sabtu, 16 September 2023
0 dilihat
Niat Jual Motor Hasil Curian, Pelaku Curanmor di Kendari Diamankan Warga
Terduga pelaku curanmor di Kota Kendari berhasil diamankan warga saat hendak menjual motor yang diduga hasil curiannya kepada warga di Jalan SMPN 12, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kota Kendari pada Sabtu (16/9/2023). Foto: Ist.

" Warga jebak dan ciduk terduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), saat hendak menjual motor hasil curiannya kepada warga di BTN Pepabri Lepo-Lepo Permai, Jalan SMPN 12, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga jebak dan ciduk terduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), saat hendak menjual motor hasil curiannya kepada warga di BTN Pepabri Lepo-Lepo Permai, Jalan SMPN 12, Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga Kota Kendari, Sabtu (16/9/2023).

Warga berhasil mengungkap pelaku curanmor itu setelah salah seorang warga, Amirullah mendapati motor adiknya yang sebelumnya juga dicuri oleh pelaku di tangan salah seorang warga.

Amirullah menanyakan kelengkapan dokumen motor milik adiknya kepada warga tersebut, namun warga yang membeli motor adik Amirullah dari terduga pelaku tidak dapat menunjukkan kelengkapan motor yang sedang dia kendarai.

Baca Juga: Resahkan Warga, Pelaku Curanmor di Surabaya Dibekuk Polisi

"Saya bilang, ini motor adik saya. Lengkap Surat-suratnya di rumah, ada BPKB dan STNK," ungkap Amirullah kepada Telisik.id.

Setelah itu, Amirullah mengajak warga tersebut untuk menjebak terduga pelaku dengan cara berpura-pura hendak membeli motor yang disinyalir merupakan hasil curian untuk kedua kalinya.

Setelah berkomunikasi dengan terduga pelaku melalui WhatsApp, Amirullah diajak untuk melakukan transaksi pembelian motor yang diduga hasil curian tersebut di Jalan Ade Irma Nasution, Kelurahan Watubangga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari sekira pukul 10.00 Wita.

"Saat itu saya tidak jadi transaksi karena lokasinya di Hombis ujung, di hutan, jadi saya minta kepada pelaku untuk melakukan transaksi di salah satu BTN di Lorong SMPN 12 Kendari," tutur Amirullah.

Pelaku membawa motor yang diduga hasil curian itu ke lokasi yang telah ditentukan bersama empat orang terduga pelaku lainnya. Terduga pelaku membawa motor jenis Honda Genio Vablous berwarna hitam yang hendak mereka jual menggunakan sebuah mobil jenis Toyota Avanza.

Tiba di lokasi, warga berhasil mengamankan dua terduga pelaku curanmor, sementara tiga pelaku lainnya melarikan diri.

Dari rekaman video berdurasi 43 detik yang diterima Telisik.id, warga yang merasa geram melihat perbuatan pelaku sesekali melayangkan bogem mentah ke muka pelaku sambil menanyakan keberadaan motor-motor hasil curian pelaku lainnya.

Baca Juga: Dua Residvis Curanmor Resahkan Warga Kota Malang Ditangkap

Sementara itu, petugas piket Mapolresta Kendari, AIPDA Husni Said mengaku mendapatkan informasi dari seorang tukang ojek yang mendatangi Mapolresta Kendari, bersamaan dengan  informasi dari salah satu anggota kepolisian yang berada di tempat kejadian perkara (TKP) melalui telepon seluler.

Mendengar informasi tersebut, Husni melakukan koordinasi dengan piket Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polresta Kendari untuk menuju ke TKP mengamankan terduga pelaku.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah mobil jenis Toyota Avanza dengan nomor polisi DT 1994 IB berwarna abu-abu, satu buah motor milik terduga pelaku, dan satu buah motor diduga hasil curian yang hendak dijual oleh terduga pelaku. (B)

Penulis Wahyudin Wahid

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga