Panen Rumput Laut, Bupati Muna Sebut Bisnis Menjanjikan Kesejahteraan

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 13 September 2023
0 dilihat
Panen Rumput Laut, Bupati Muna Sebut  Bisnis Menjanjikan Kesejahteraan
Bupati Muna, LM Rusman Emba memanen rumput laut di Desa Lambelu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Bupati Muna, LM Rusman Emba melakukan panen rumput laut di Desa Lambelu, Kecamatan Pasikolaga, Kabupaten Muna, Rabu (13/9/2023) "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba melakukan panen rumput laut di Desa Lambelu, Kecamatan Pasikolaga, Kabupaten Muna, Rabu (13/9/2023). Warga Desa Lambelu mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani rumput laut dan nelayan.

Camat Pasikolaga, Abdul Rahman mengatakan, untuk rumput laut yang dipanen saat ini, usianya satu bulan jenis catonik dan SP. Rumput laut itu dibudidayakan oleh dua kelompok.

"Hasil panennya sekitar puluhan ton," kata Rahman.

Hasil panen itu dijual di Kota Baubau. Nilai jualnya mencapai Rp 15 ribu hingga Rp 45 ribu. Ia berharap, ke depan ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), sehingga jumlah kelompok pembudidaya bisa bertambah.

Baca Juga: Kesejahteraan Masyarakat Tanailandu Meningkat karena Rumput Laut

Sementara Rusman Emba mengatakan, bisnis rumput laut sangat menjanjikan kesejahteraan bagi masyarakat. Ia lalu memerintahkan DKP untuk kembali memberi bantuan pada petani rumput laut di Desa Lambelu.

"Yang namanya untuk kesejahteraan masyarakat, kita pasti prioritaskan. Apalagi, rumput laut ini sangat menjanjikan dalam peningkatan perekonomian masyarakat," katanya.

Baca Juga: Investor Jakarta Jajaki Peluang Rumput Laut Wakatobi

Sementara itu, Kadis KP Muna, La Kusa mengaku, baru membantu dua kelompok  di Desa Tampunabale. Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan budidaya rumput laut mulai dari jangkar, tali, pelampung hingga kapal. Nah, terkait perintah bupati untuk kembali memberikan bantuan, ia akan laksanakan.

"Anggaranya hanya sekitar Rp 200 juta. Insyaallah, kita upayakan," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga