Parang Datu Beach, Spot Diving Terpendam di Ujung Tobaku

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 05 Juni 2021
0 dilihat
Parang Datu Beach, Spot Diving Terpendam di Ujung Tobaku
Kadis Perikanan Kolaka Utara, Ir. Zakaria Bakrie saat diving di spot wisata bawah laut Pantai Karang Indah Tobaku (Parang Datu). Foto: Ist.

" Bagi pecinta diving dan snorkeling tidak ada salahnya berkunjung di Kabupaten Kolaka Utara untuk menikmati keindahan wisata bawah laut Pantai Karang Indah Tobaku atau lebih dikenal dengan akronim Parang Datu. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bagi pecinta diving dan snorkeling tidak ada salahnya berkunjung di Kabupaten Kolaka Utara untuk menikmati keindahan wisata bawah laut Pantai Karang Indah Tobaku atau lebih dikenal dengan akronim Parang Datu.

Meski spot wisata ini terbilang baru, namun eksotisme bawah lautnya yang menyuguhkan hamparan ekosistem terumbu karang membuat pecinta diving betah berlama-lama di sekitarnya.

Bagi mereka yang tidak berani diving, jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati indahnya bawah laut dan hamparan pasir putih dengan snorkeling.

Selain diving dan snorkeling, wisatawan juga dapat bersantai di anjungan Tobaku sambil menikmati hembusan angin dan birunya samudera Teluk Bone.

Baca juga: Anggaran Pengerukan Mata Air Jompi Rp 1 Miliar

Baca juga: Sempat Diedar, Jadwal Keberangkatan KMP Dharma Kencana I Juni 2021 Tidak Berlaku

Tidak sulit bagi wistawan untuk mengakses objek wisata yang satu ini, dengan melalui jalur transportasi darat dari pusat kota Lasusua pengunjung bisa tiba di lokasi wisata yang terletak di Desa Tobaku, Kecamatan Katoi kurang dari 10 menit.

Pemerintah Kabupaten Kolak Utara, melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kolut berharap ke depannya spot wisata tersebut bisa masuk salah satu wisata dengan ekosistem terumbu karang terindah dan terbaik di Indonesia seperti Raja Ampat, Wakatobi, Taka Bonerate, Bonaken, dan Karimun Jaya.

"Eksotisme karang di Pantai Tanjung Tobaku memiliki daya tarik tersendiri dan jika objek wisata ini terkelola dengan baik, maka bisa jadi wisatawan lokal maupun manca negara yang hobi diving akan berkunjung ke sini," kata Kadispar Kolut, Samsul Alam, SE saat menggelar kegiatan di Parang Datu beberapa waktu lalu.

Dispar Kolut berjanji akan menjadikan Parang Datu sebagai spot wisata bahari yang tidak hanya dikenal di Kolaka Utara, tapi juga dikenal sampai ke provinsi-provinsi lainnya.

"Setelah saya mencoba diving bersama teman-teman lembaga vinicin, ternyata wisata bahari yang ada di Tobaku ini sangat luar biasa. dan saya pikir kita semua bersama komponen masyarakat harus menjaga terumbu karang yang ada di Parang Datu ini sehingga tetap terawat dengan baik," harapnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga