Partai Hanura Muna Barat Buka Pendaftaran Bacaleg Tanpa Mahar

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Partai Hanura Muna Barat Buka Pendaftaran Bacaleg Tanpa Mahar
Buka pendaftaran bakal calon legislatif tanpa mahar, DPD Partai Hanura Muna Barat optimis tarung Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Optimis tarung Pemilu 2024, DPD Partai Hanura Muna Barat mulai membuka pendaftaran bakal calon legisltif (bacaleg) tanpa mahar, upaya itu dilakukan untuk memberi pendidikan politik dan edukasi kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan politik uang "

KENDARI, TELISIK.ID - Optimis tarung Pemilu 2024, DPD Partai Hanura Muna Barat mulai membuka pendaftaran bakal calon legisltif (bacaleg) tanpa mahar, upaya itu dilakukan untuk memberi pendidikan politik dan edukasi kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan politik uang.

Pemilu 2024 semakin hangat diperbincangkan, partai politik mulai menyusun strategi untuk menarik simpati masyarakat, tak ketinggalan dengan DPD Partai Hanura Muna Barat yang sudah melakukan penjaringan bacaleg tanpa menggunakan mahar.

Ketua DPD Partai Hanura Muna Barat, La Ode Alba mengatakan, sengaja mengumumkan secara terbuka pendaftaran bacaleg tanpa mahar untuk memberi edukasi masyarakat.

Baca Juga: Ini Nama Timsel Calon Anggota KPU Sulawesi Tenggara Periode 2023-2028

Itu bagian strategi Hanura agar seluruh masyarakat punya kesempatan dan dimudahkan mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif.

"Yang bergabung juga harus punya hati nurani, berkomitmen membantu rakyat kecil dan selalu ada saat dibutuhkan masyarakat," kata La Ode Alba saat ditemui di Kota Kendari, Selasa (31/1/2023).

Kata dia, banyak harapan saat tidak menggunakan mahar politik ketika melakukan penjaringan bacaleg. Ada sejumlah target yang ingin dicapai dengan menjadikan Partai Hanura lebih besar dan mewujudkan jiwa nurani sosialis yang berorientasi pada masyarakat.

Kebanyakan juga mahar politik memberi dampak negatif kepada calon legislatif, terutama bagi mereka yang berhasil duduk di DPRD.

Baca Juga: 4 Petahana DPD RI Ini Lolos Verifikasi Administrasi

"Biaya politik menyebabkan perbuatan pragmatis dan koruptif," ujarnya.

Sementara Sekretaris DPD Partai Hanura Muna Barat, La Ode Ali Muis mengatakan, partai yang melakukan penjaringan calon legislatif tanpa mahar adalah hal wajar, karena bisa mempermudah dan membuka pintu yang cukup lebar bagi siapa saja yang mau bergabung.

"Target kami untuk memperluas jaringan dalam merebut beberapa kursi di DPRD Muna Barat," terangnya.

Tak hanya itu, respon masyarakat dan bacaleg pun menyambut baik kehadiran Partai Hanura yang tidak menggunakan mahar. Tentunya itu peluang strategis untuk melakukan pendekatan kepada siapa saja sekaligus sosialisasi program kepada masyarakat. (B)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga