Pejabat Termiskin di Bumi Ternyata Ada di Indonesia, Hartanya Tak Cukup Beli Beras Sekarung

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 21 Januari 2024
0 dilihat
Pejabat Termiskin di Bumi Ternyata Ada di Indonesia, Hartanya Tak Cukup Beli Beras Sekarung
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sutopo Abdullah memiliki kekayaan Rp 500.000. Foto: Kolase

" Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama di Pulau Ternate, provinsi Maluku Utara, Indonesia "

TERNATE, TELISIK.ID - Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama di Pulau Ternate, provinsi Maluku Utara, Indonesia.

Kota Ternate pernah menjadi ibu kota sementara provinsi Maluku Utara secara de facto dari tahun 1999 hingga 2010. 

Saat ini Kota Ternate dipimpin oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman sejak 2021. Melansir Klikpendidikan.id, memimpin daerah yang jadi pusat bunga telang di Indonesia, harta kekayaan Tauhid Soleman terbilang cukup sedikit. Total harta kekayaan Wali Kota Ternate itu hanya lebih dari Rp 1 miliar.

Baca Juga: Profil 3 Anak Mahfud MD, Tak Ikut-Ikut Politik tapi Punya Pekerjaan Mentereng

Diantara pejabat yang membantu dirinya dalam pemerintahan juga memiliki kekayaan sangat sedikit l. Pejabat tersebut ialah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sutopo Abdullah.

Hal itu dapat dilihat dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diakses dari elhkpn.kpk.go.id.

Baca Juga: 2 Peluru Siap Ditembakkan ke Gibran saat Debat, Cak Imin Diminta Tidak Usah Terlalu Sopan ke Anak Juragan

Dalam LHKPN periodik yang ia laporkan terakhir pada 31 Desember 2022, kekayaannya hanya Rp 500 ribu. Jumlah tersebut diperoleh dari akumulasi total harta kekayaan dikurangi dengan hutang.

Melansir Malutpos.id, dalam laporan itu ia mencatatkan sebagian besar dari milik sendiri seperti tanah dan bangunan di Kota Ternate senilai Rp. 180.000.000 juta, harta bergerak lainnya Rp. 2.500.000 juta, kas dan setara kas Rp. 8.000.000 juta, sub total menjadi Rp. 190.500.000 juta. Sutopo juga memiliki hutang senilai Rp. 190.000.000, sehingga total harta kekayaannya tersisa Rp. 500.000.

Tentunya harta Sutopo Abdullah ini memiliki total yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan harga sekarung beras 50 Kilogram yang harganya bisa mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 750 ribu. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga