Pelajar di Bombana Dilatih Cegah dan Atasi Kebakaran

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Pelajar di Bombana Dilatih Cegah dan Atasi Kebakaran
Pelajar SMP Negeri 18, Kabaena Utara saat ikuti materi pembekalan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR). Foto: Ist.

" Latihan pemadamam api ini bekerja sama dengan PT. Bukit Makmur Resources (BMR) sebagai salah satu bentuk pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sebagai upaya kesiapsiagaan terhadap bencana kebakaran, pelajar atau siswa SMP Negeri 18 Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, diperkenalkan cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR).

Latihan pemadamam api ini bekerja sama dengan PT. Bukit Makmur Resources (BMR) sebagai salah satu bentuk pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di SMPN 18 Kabaena Utara.

Panji Reza Muzani, SPV HSE PT. BMR mengatakan bahwa sejak dini, masyarakat harus diberikan bekal mengenai konsep dasar timbulnya api, pencegahan kebakaran, respons pada saat kebakaran  dan pemadaman dengan APAR.

"Kehadiran kami (PT. BMR) di Bombana harus memberikan dampak positif kepada masyarakat. Salah satunya dengan bekal dan pengetahuan tentang cara melindungi diri atau keluarga dari bencana kebakaran. Kali ini SMP Negeri 18, nantinya kami akan menyentuh semua sekolah-sekolah," ucapnya kepada Telisik.id, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Safari Bunda PAUD Kolaka Timur di Mowewe

Selain penjinakan api, siswa juga diberi bekal pertolongan pertama pada kecelakaan yaitu penanganan patah tulang, bleeding, pertolongan pingsan, luka bakar dan bantuan hidup dasar.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai, dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan ikut mempraktekkan metode-metode P3K.

Baca Juga: Stok Pangan di Muna Barat Aman Hingga Idul Fitri

Kepala Bidang Damkar Kabupaten Bombana, Waridin mengapresiasi pembekalan yang dilakukan oleh SMP Negeri 18 dan bekerja sama dengan PT BMR.

"Salut  bila ada unsur luar yang mau berbagi pengetahuan tentang pencegahan dan penyelamatan  kebakaran. Tapi lebih bagus juga kalau tetap koordinasi Damkar di daerah. Soal keselamatan adalah tanggung jawab kita bersama. Apalagi ini kan sesuai dengan tagline Pj Bupati Bombana, surga investasi. investor datang menanamkan modalnya kemudian bersama-sama membangun SDM di Bombana," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga