Stok Pangan di Muna Barat Aman Hingga Idul Fitri

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Stok Pangan di Muna Barat Aman Hingga Idul Fitri
Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat ditemui awak media. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Stok pangan di Kabupaten Muna Barat dipastikan aman hingga menjelang Idul Fitri mendatang, walaupun mengalami peningkatan harga pada tiga komoditi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Stok pangan di Kabupaten Muna Barat dipastikan aman hingga menjelang Idul Fitri mendatang, walaupun mengalami peningkatan harga pada tiga komoditi.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemda berada pada peringkat atas dalam penanganan inflasi untuk Sulawesi Tenggara di tahun 2022, sehingga pada 2023 ini dimulai lagi dari awal terkait penilaian penanganan inflasi, maka pemda kembali menganggarkan dana bagi penanganan inflasi.

"Kita akan ada lagi sidak pasar serta operasi murah, sehingga kita melihat lagi data harga yang mengalami kenaikan," ungkap Bahri, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Safari Bunda PAUD Kolaka Timur di Mowewe

Senada, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, La Ode Aka mengatakan, pada tahun 2023 kembali dari awal terkait penilaian penaganan inflasi, maka pihaknya saat ini mempersiapkan kembali penyelenggaraan sidak pasar beserta pasar murah.

"Telah dianggarkan Rp 1 miliar dari dana biaya tak terduga (BTT) untuk operasi pasar murah, yang akan dilaksanakan menjelang puasa," ungkapnya.

Untuk prosedur pelaksanaan pasar murah ini juga kembali dibagi menjadi empat wilayah, yakni Lawa Raya, Tiworo Raya, Kusambi Raya, serta bagi wilayah pesisir dengan memprioritaskan tiga komoditi yang saat ini terus mengalami kenaikan harga

"Ini berdasarkan data statistik, pada tiga komoditi ini tiap saat meningkat harganya, maka ini diupayakan agar masyarakat dapat menjangkau harga," ucap La Ode Aka.

Ia katakan, pihaknya saat ini belum menentukan kembali harga pada pasar murah, sebab akan dilakukan sidak pasar terlebih dahulu.

Baca Juga: Babi Dilarang Masuk ke Manggarai untuk Tangkal Virus AFS

Selanjutnya, ia mengatakan stok pangan kearifan lokal tersedia, namun beras berdasarkan laporan statistik mengalami ketidak stabilan harga.

Sehingga pihaknya akan terus berusaha untuk menjaga ketersediaan pangan, distribusi pangan, stabilitas harga pangan pun tetap harus dijaga, serta keamanan pada pangan itu sendiri.

"Maka masyarakat akan merasa aman ketika mengkonsumsi pangan yang tersedia," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga