Pembangunan Jembatan Buton-Muna Jadi Perbincangan Gubernur se-Sulawesi

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Selasa, 20 April 2021
0 dilihat
Pembangunan Jembatan Buton-Muna Jadi Perbincangan Gubernur se-Sulawesi
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi pada Musrembang Ragional 2021. Foto: Ist.

" Dalam Musrembang ini para gubernur membahas pembangunan Jembatan Buton Muna yang akan mulai dibangun tahun 2022 mendatang. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jembatan Pembangunan yang menghubungkan pulau Buton dan Muna di Sulawesi Tenggara (Sultra), jadi pembicaraan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Ragional 2021 di Kendari, Senin (19/4/2021).

Musrembang tersebut dihadiri gubernur se-Sulawesi, yaitu Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Gubernu Sulawesi Tengah (Sulteng), Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Gubernur Gorontalo dan tuan rumah Gubernur Sultra.

Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, J.Robert mengatakan, kegiatan ini dirangkaikan dengan Musrebembang Pemerinta Provinsi, dan dihadiri gubernur se-Sulawesi.

"Dalam Musrembang ini para gubernur membahas pembangunan Jembatan Buton Muna yang akan mulai dibangun tahun 2022 mendatang," katanya.

J.Robert juga menjelaskan, pada tahap pertama sudah dianggarkan sebanyak Rp 200 miliar dari APBN.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta para kabinet mesti lebih cepat menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Ranja OPD).

Baca Juga: Wali Kota Tanjung Balai Diduga Terjaring OTT KPK

"Saya berharap pembangunan di Sultra cepat diselesaikan, sehingga cepat dirasakan manfaatnya oleh  masyarakat, mengingat pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih ada," terangnya.

Lebih lanjut, Ali Mazi menekankan empat hal pokok kepada para kepala OPD dan biro, termasuk asisten dan staf. Pertama, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), kedua, para OPD harus saling bersinergi untuk mencapai target pembangunan daerah.

Kemudian ketiga, para OPD menyusun program dengan memanfaatkan efektif dan efisien, dan keempat Gubernur menyesuaikan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Untuk diketahui, jembatan pembangunan yang menghubungkan pulau Buton dan Muna ini rencananya membentang sepanjang 1,18 Km dengan lebar 20 meter. Dari total panjang itu, akan ada bentang utama tanpa tiang sepanjang 762,5 meter, digadang-gadang menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara. (B)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga