Pemda Konawe Kirim 211 Ton Beras Premium ke Muna Barat

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 08 April 2023
0 dilihat
Pemda Konawe Kirim 211 Ton Beras Premium ke Muna Barat
211 ton beras premium dikirim ke Kabupaten Muna Barat oleh Pemda Konawe. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe bersama Bulog Konawe memulai pengiriman beras ke Kabupaten Muna Barat, Sabtu (8/4/2023) "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe bersama Bulog Konawe memulai pengiriman beras ke Kabupaten Muna Barat, Sabtu (8/4/2023).

Tercatat sekitar 81 ton dari 211 ton beras premium yang akan dikirim oleh Pemda Konawe ke Kabupaten Muna Barat dalam tahap pertama pengiriman kali ini.

Sekertaris Daerah Kabupaten Konawe Ferdinand Sapan, saat melepas truk pengangkut beras di halaman Pedestrian mengungkapkan bahwa pengiriman beras ini merupakan tindak lanjut atas MoU Pemda Konawe dan Pemda Muna Barat untuk pemenuhan kebutuhan beras.

"Ini merupakan tindak lanjut atas MoU dengan Pemda Muna Barat saat HUT Konawe beberapa waktu yang lalu," jelasnya.

Ferdinand menyebutkan, untuk pengiriman kali ini, Pemda bersama Bulog Konawe mengirimkan 81 ton di tahap pertama yang akan dikirim secara berangsur melalui pelabuhan Torobulu (Konawe Selatan).

"Hal ini karena pengaturan dari pihak penyeberangan ASDP, kita mungkin bisa mengirim satu kali namun penumpang atau kebutuhan pangan yang lain sudah tidak bisa ikut naik ke kapal, jadi pengirimannya berangsur-angsur," terangnya.

Baca Juga: 5 Ribu Ton Beras Disiapkan Jelang Ramadan di Muna Barat

Selain bertujuan memenuhi kebutuhan beras di daerah Muna Barat, pengiriman beras ini juga bertujuan untuk menekan inflasi atau naiknya harga barang di Sulawesi Tenggara.

Oleh karena itu Sekda Konawe menyampaikan jika ada daerah lain di Sulawesi Tenggara atau di Indonesia yang membutuhkan suplai beras, Pemda Konawe, bersama Bulog dan petani yang ada di Kabupaten Konawe siap memenuhi kebutuhan tersebut.

"Potensi kita cukup besar, jika kemudian kabupaten lain yang membutuhkan beras untuk kebutuhan sehari-hari kita bersedia memenuhi kebutuhan tersebut," jelasnya.

Soal kebutuhan beras di Konawe Ferdinand memastikan stok beras aman dan terjaga hingga awal Mei. Di saat itu juga beberapa kecamatan seperti Meluhu, Amonggedo dan kecamatan lainnya memulai panen.

"Sekitar 6.000 hektare yang akan panen bulan depan, jika kita rata-ratakan 1 hektare kali 6-7 ton jumlahnya lumayan juga," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bulog Konawe, Muh Abdan DJarmin mengatakan, kebutuhan beras yang ada di Kabupaten Konawe dipastikan aman walaupun saat ini kita juga menyuplai kebutuhan beras di Kabupaten Muna Barat.

"Kita sudah menghitung stok beras yang ada dan kita pastikan stok kita aman," ujarnya.

Sebelumnya Pemda Konawe dan Pemda Muna Barat telah melakukan tanda tangan MOU untuk menyuplai beras di Kabupaten Muna Barat guna menekan inflasi.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, beras saat ini masih menjadi penyumbang inflasi terbesar di daerahnya, dari Januari terhitung produksinya sekitar 1,48 persen.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Sembako, Muna Barat Pasok dari Luar Daerah

Sehingga dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan juga untuk menambah kebutuhan beras yang ada, Pemda Muna Barat bekerja sama dengan Kabupaten Konawe selaku daerah penghasil beras terbesar di Sulawesi Tenggara.

"Konawe itu tingkat berasnya surplus, sehingga bisa membawa beras ke Muna Barat, kualitas berasnya beras premium," ungkap Bahri selepas rapat di Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara, Jumat (3/3/2023) lalu.

Bahri katakan, permintaan beras yang akan dikirim ke Muna Barat dari Kabupaten Konawe sekitar 5000 ton yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Kadis Ketahanan pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe Abdul Hasim. Kadis Pertanian Gunawan, Kadis Koperindag Muhammad Nur, Kadis PUPR Norjanah, Kadis Kominfo Akib Ras.  (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga