Pemerintah Bangun Gedung Polresta Deli Serdang Rp 3,4 Miliar, Diduga Aksi Cari Muka

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
Pemerintah Bangun Gedung Polresta Deli Serdang Rp 3,4 Miliar, Diduga Aksi Cari Muka
Gedung kantor Polresta Deli Serdang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Deli Serdang sebanyak Rp 3,4 miliar. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menggelontorkan dana dari APBD sebanyak Rp 3,4 miliar untuk membangun gedung kantor Pelayanan Satu Atap Polresta Deli Serdang "

MEDAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang menggelontorkan uang dari APBD sebanyak Rp 3,4 miliar untuk membangun gedung kantor Pelayanan Satu Atap Polresta Deli Serdang tahun 2023 ini.

Adapun kontraktor kegiatan atau yang mengerjakan pembangunan itu adalah CV Candi Mas. Nomor kontraknya: 602.1/05/SP/P486.DKK/DCKTR/DS/2023.

Seorang pekerja bangunan ketika dikonfirmasi mengaku bahwa proyek pengerjaan ini dengan material yang tepat. Menggunakan besi ulir 19 milimeter.

"Untuk pengerjaan bangunan ini tidak ada masalah bang. Besi pondasinya saja besar, memakai besi ulir 19 mm. Begitu juga dengan sloof dasarnya," kata pekerja di lokasi, Kamis (5/10/2023) siang.

Ketika dipertanyakan mengapa anggarannya sangat besar mencapai Rp 3,4 miliar, pekerja itu enggan untuk membeberkannya.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Rel Kereta Api di Sumatera Utara Diduga Pakai Tanah Galian C Ilegal

"Tanya dengan pemborong saja kalau masalah itu. Kami hanya pekerja saja, kalau dari bangunan, saya rasa ini sangat kokoh nantinya," terangnya.

Terpisah, Presidium Kongres Rakyat Nasional, Sutrisno Pangaribuan ketika diminta tanggapannya mengenai proyek itu sangat prihatin. Sebab, masih banyak kegiatan yang lebih penting dari membangun kantor milik kepolisian.

"Secara prosedural formal memang sah, tetapi secara etis moral, bermasalah karena urusan belanja urusan wajib belum tuntas. Tapi sudah menghibahkan untuk membangun gedung itu," katanya.

Menurut mantan Anggota DPRD Sumatera Utara dari PDIP ini, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang memberikan dana hibah ke Polresta Deli Serdang saat ini kurang tepat. Karena masih banyak yang harus dibenahi dan jauh lebih mendesak dari membangun gedung itu.

"Saat ada warga menanam pohon pisang di jalan yang berlubang. Saya rasa itu lebih penting daripada membangun gedung kantor Polresta Deli Serdang. Lagipula, kondisi kantor itu sebenarnya masih bisa digunakan dan layak," tambahnya.

Diakui Sutrisno Pangaribuan, secara prosedural hibah formal tidak ada masalah. Tetapi masyarakat bisa menilainya.

Baca Juga: Gubernur Tinjau Proyek Pembangunan Infrastruktur Bank Sultra

"Biasanya hibah yang diberikan kepada kementerian dan lembaga secara khusus, aparat penegak hukum biasanya sebagai aksi cari muka, terutama jelang masa akhir jabatan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan telah mengajukan pengunduran diri lantaran bakal maju sebagai caleg di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Dia adalah Bupati Deli Serdang dua periode sejak 2014 sampai 2024.

Sedangkan proyek pembangunan gedung kantor Polresta Deli Serdang itu disetujui dan disahkan di bulan April 2023. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga