Pemkab Konawe Bakal Lantik Kades Terpilih di SPN Anggotoa

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 10 November 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Bakal Lantik Kades Terpilih di SPN Anggotoa
Kery Saiful Konggoasa, bakal lantik kades terpilih di SPN Anggotoa. Foto: Ist.

" Kepala desa terpilih rencananya bakal menjalani bimbingan teknis (bimtek) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa "

KONAWE, TELISIK.ID – Kabupaten Konawe baru saja menyelesaikan pemilihan kepala desa serentak pekan lalu. Kini 168 desa di Konawe memiliki pemimpin baru.

Kepala desa terpilih rencananya bakal menjalani bimbingan teknis (bimtek) di Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa.

Keinginan itu dikemukakan Bupati Kery Saiful Konggoasa. Tentunya tidak semua kades memiliki pengetahuan yang sama. Terlebih mengenai pengelolaan keuangan desa yang menjadi tanggung jawab para kades.

“Siap-siap kades yang terpilih kita gembleng di SPN Anggotoa. Saya rencana latih selama empat hari di sana. Setelah pelatihan, di situ juga saya langsung lantik,” ujarnya.

Ia menyebut, masalah keuangan menjadi hal penting yang mesti dipahami oleh kades. Apalagi, setiap tahunnya pemerintah desa mendapat kucuran anggaran yang cukup besar dari pemerintah.

Baca Juga: Masyarakat Buton Selatan Dapat Bantuan 23.240 Bibit Jambu Mete

"Baik itu dana desa (DD) yang ditransfer pemerintah pusat, ataupun alokasi dana desa (ADD) yang diporsikan setiap tahunnya oleh pemerintah kabupaten (pemkab)," tambahnya.

Ia mengungkapkan, jika seorang kades tidak mempunyai mental yang bagus dalam mengelola dana negara tersebut, maka kemungkinan besar bisa terjadi penyalahgunaan penggunaan keuangan desa.

Baca Juga: Kades di Kolaka Timur Ditangkap Atas Dugaan Korupsi ADD dan DD

“Sebab jangan sampai ini anggaran di desa mereka pakai untuk memperkaya diri, saya harap jangan ada kades yang seperti itu,” tutupnya.

Sementara itu salah satu kepala desa terpilih Desa Andeposandu, Ramadhan, sebelumnya berterima kasih kepada seluruh masyarakat atas suksesnya pelaksanaan pilkades serentak di Konawe, khusunya di Desa Andeposandu.

"Untuk pelantikan dan bimtek nanti saya dengar memang akan dilakukan di SPN Anggotoa, mungkin itu akan jadi pengalaman baru untuk kami," tambahnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga