Pemprov Sulawesi Tenggara Gelar Musrenbang di Kota Baubau

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Senin, 20 Maret 2023
0 dilihat
Pemprov Sulawesi Tenggara Gelar Musrenbang di Kota Baubau
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi saat memberikan sambutannya di musrenbang RKPD tahun 2024. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara menggelar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) rencana kerja perangkat daerah (RKPD) tahun 2024 di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara menggelar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) rencana kerja perangkat daerah (RKPD) tahun 2024 di Kota Baubau, Senin (20/3/2023).

Diketahui penyelenggaraan musrenbang tersebut merupakan kali kedua setelah tahun lalu juga di mana Kota Baubau menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan musyawarah tingkat provinsi tersebut.

Adapun musrenbang RKPD Sulawesi Tenggara tahun 2024 tersebut mengusung tema percepatan transformasi ekonomi yang inklusif berkelanjutan melalui pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif.

Baca Juga: Sekelompok Pemuda di Baubau Mengamuk

Di pembukaan musrenbang, tampil juga tari-tarian khas Sulawesi Tenggara dan vocal grup dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton.

Tari khas Sulawesi tenggara di acara pembukaan musrenbang RKPD tahun 2024 di Kota Baubau. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

 

Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara, J Robert melaporkan, dalam tahapan penyusunan RKPD 2024 maka musrenbang tersebut merupakan tahun pertama pelaksanaan RPD Sulawesi Tenggara tahun 2024-2026.

Sebagaimana yang diatur oleh Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2022 tentang Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah bagi daerah dengan masa kepala daerah yang berakhir pada tahun 2023 serta juga daerah otonomi baru.

"Secara umum penyelenggaraan musrenbang bertujuan untuk menyelaraskan pembangunan Pemerintah  Provinsi Sulawesi Tenggara dengan pemerintah kota dan kabupaten," tutur J Robert, Senin (20/3/2023).

Serta juga sebagai wadah koordinasi dalam upaya untuk menyelaraskan pembangunan antar tingkatan pemerintahan.

Musrenbang juga diharapkan memberikan multiplayer efek terhadap ekonomi di Kota Baubau, khususnya menjaga perekonomian akibat dampak inflasi yang melanda seluruh wilayah Indonesia akibat pengaruh kritis global.

Sesi berfoto ketika Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi memasuki tempat musrenbang RKPD tahun 2024. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengatakan, musrenbang RKPD tahun 2024 merupakan musrenbang terakhir di periode masa jabatannya sebagai gubernur dan Lukman Abunawas sebagai wakil gubernur.

Hasil musrenbang nantinya akan menjadi bahan penyempurnaan dokumen perencanaan tahunan yaitu rencana kerja pemerintah dan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024.

"Untuk itu perencanaan pembangunan tahun 2024 harus disusun dengan sebaik-baiknya berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan permasalahan dan isu strategis yang masih dominan, serta sasaran pembangunan yang belum tercapai," jelas Ali Mazi.

Menurut Ali Mazi, indeks peningkatan sumber daya manusia itu penting tetapi sarananya juga harus diperhatikan agar tidak membahayakan generasi, sehingga meminta Dirjen untuk menyuarakan hal tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Baca Juga: 40 Ton Miras di Kota Baubau Dimusnahkan

Selain itu kata Ali Mazi, banyaknya bangunan-bangunan sekolah favorit yang ada di Sulawesi Tenggara khususnya di Kota Baubau dan Kabupaten Buton banyak yang sudah tidak layak pakai. Ia pun meminta semua OPD untuk membuat perencanaan yang sungguh-sungguh agar sasarannya tepat guna.

Untuk itu juga agar departemen dalam negeri dapat memberikan bimbingan dan arahan agar penyusunannya tidak salah, terutama untuk peningkatan sumber daya manusia.

"Selain itu juga peningkatan derajat kesehatan terutama menghadapi isu stunting dan persoalan kesehatan lainnya, isu inflasi ketahanan pangan dan penanggulangan kemiskinan serta isu yang lainnya," tutupnya. (B-Adv)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga