Pengundian Nomor Urut Paslon, Bawaslu Konut Antisipasi Membludaknya Massa

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 23 September 2020
0 dilihat
Pengundian Nomor Urut Paslon, Bawaslu Konut Antisipasi Membludaknya Massa
Rapat Koordinasi Bawaslu Konawe Utara, dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah pandemi COVID-19. Foto: Ist.

" Misalnya kita akan membatasi jumlah peserta. Seperti saat kampanye, pertemuan terbatas maksimal 50 orang dan rapat umum maksimal 100 orang dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19 di dalamnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), yang akan dilaksanakan pada 24 September 2020, Bawaslu lakukan rapat koordinasi.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya massa saat pencabutan nomor urut.

"Misalnya kita akan membatasi jumlah peserta. Seperti saat kampanye, pertemuan terbatas maksimal 50 orang dan rapat umum maksimal 100 orang dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19 di dalamnya," ucap Abdul Makmur, Anggota Bawaslu Konut, Selasa (22/9/2020).

Dalam Rakor itu juga membahas pengawasan penerapan protokol COVID-19 dalam Pilkada. Bertujuan untuk  memastikan komitmen semua pihak terhadap pelaksanaan Pilkada dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat pada setiap kegiatan.

Baca juga: Paslon Bisa Tambah 200 Persen APK dari Jumlah yang Ditetapkan KPU

"Rakor tersebut menjelaskan bagaimana peran masing-masing pihak dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 khususnya dalam pelaksanaan Pilkada 2020," ucapnya.

"Di samping itu dijelaskan pula bagaimana prosedur yang akan ditempuh apabila dalam kegiatan yang dilakukan Paslon nantinya melanggar protokol pencegahan COVID-19 dengan berpedoman pada Perbawaslu Nomor 4 tahun 2020 dan PKPU Nomor 10 tahun 2020," sambung Abdul Makmur.

Kegiatan yang diadakan Bawaslu itu dihadiri oleh KPU, Kapolres Konut, Satuan Tugas COVID-19, Satpol PP, calon kepala daerah, LO Paslon, dan para pimpinan Parpol.

"Bawaslu Konawe Utara memastikan akan bekerja sesuai kewenangannya secara maksimal dalam mengawasi penerapan protokol COVID-19 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara tahun 2020," pungkasnya.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga