Pergantian Ketua DPRD Muna Tak Masuk Agenda Bamus, WON Minta Fraksi Hanura Bertindak

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
0 dilihat
Pergantian Ketua DPRD Muna Tak Masuk Agenda Bamus, WON Minta Fraksi Hanura Bertindak
Ketua DPD Hanura Sultra, Wa Ode Nurhayati. Foto: Ist.

" Usulan pergantian Ketua DPRD Muna, La Saemuna tidak masuk dalam agenda Badan Musyawarah (Banmus) "

MUNA, TELISIK.ID - Usulan pergantian Ketua DPRD Muna, La Saemuna tidak masuk dalam agenda Badan Musyawarah (Bamus).

Pimpinan dewan hanya mendorong laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) bupati tahun 2021 dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) ke Bamus untuk dijadwalkan pembahasannya.

Hal tersebut tentunya sangat ironi. Pasalnya, surat usulan pergantian Saemuna ke Irwan berdasarkan keputusan DPP nomor 003/B.4/DPP Hanura/I/2022 tertanggal 31 Januari 2022 lebih dulu masuk di dewan ketimbang LKPJ dan AKD.

Ketua DPD Hanura Sultra, Wa Ode Nurhayati (WON) yang mengetahui itu tidak heran lagi. Karena, ada indikasi pergantian ketua tidak diinginkan oleh oknum-oknum yang selama ini memanfaatkan posisi Hanura. Padahal sesungguhnya, pergantian ketua adalah keputusan partai yang bersifat final dan mengikat.

"Kalau sudah seperti itu (tidak diagendakan), maka menjadi ranah Fraksi Hanura untuk bergerak," kata WON, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: DPRD Kota Kendari Ingatkan KPU Hapus Suket di Pemilu 2024

Mantan anggota DPR-RI menegaskan akan terus memantau gerak-gerik Fraksi Hanura di DPRD Muna. Karena, berhasil tidaknya pergantian itu adalah ujian bagi integritas mereka terhadap partai. Apalagi, diantara anggota fraksi, ada dua orang hebat dan cerdas yang diyakini tahu persis mana benar dan salah.

"Saya cuma ingatkan, jangan khianati pin yang tersemat di dada mereka. Pin itu ada karena partai," tegasnya.

Baca Juga: Catat, Ini Jadwal Tahapan Pemilu 2024

Untuk itu, wanita kelahiran Wakatobi itu, telah memerintahkan Ketua DPC Hanura Muna, Irwan agar lebih tegas pada anggota fraksi terkait perjuangan mereka.

Sementara itu, Ketua Fraksi Hanura DPRD Muna, LM Sahlan menerangkan sudah melakukan langkah-langkah dengan bersurat ke pimpinan dewan agar segera menindaklanjuti surat keputusan DPP terkait pergantian ketua.

"Kita akan kembali mempertanyakan ke pimpinan, sejauh mana tindaklanjutnya surat dari fraksi," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Musdar

Baca Juga