Perpustakaan UHO Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa Melalui Perbaikan SDM dan Fasilitas

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
0 dilihat
Perpustakaan UHO Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa Melalui Perbaikan SDM dan Fasilitas
Mahasiswa belajar dan mengerjakan tugas kuliah di Perpustakaan Universitas Halu Oleo. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Untuk meningkatkan minat baca mahasiswa, salah satunya dengan meningkatkan SDM yang ada di perpustakaan yang berkualitas, sarana dan prasarana juga harus memadai "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk meningkatkan minat baca mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari di era digital saat ini, harus ada perubahan pola pikir dari sumber daya manusia (SDM) ataupun sarana dan prasarana yang ada.

Perpustakaan menjadi kebutuhan penting bagi mahasiswa untuk mencari referensi maupun untuk menyelesaikan tugas kuliah seperti tugas akhir.

Kepala UPT Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd. mengatakan, untuk meningkatkan minat baca mahasiswa, salah satunya dengan meningkatkan SDM yang ada di perpustakaan yang berkualitas, sarana dan prasarana juga harus memadai.

"Ketika SDM, sarana dan prasarana sudah memadai, saya yakin minat mahasiswa untuk membaca juga akan meningkat. Sampai saat ini kita terus melakukan peningkatan SDM, sarana dan prasarana di perpustakaan ini," ujar Alim, Jumat (9/12/2022).

Dia menambahkan, saat ini pihaknya terus  lakukan perbaikan mulai dari SDM di dalam dengan cara melakukan workshop, perbaikan sarana dan prasarana harus menarik. Sehingga yang berkunjung dan membaca tidak bosan, dan yang terpenting adalah referensi buku harus menarik.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Sukses Jadikan Tiga Daerah Stop BAB Sembarangan

Saat ini koleksi buku UPT Perpustakaan UHO kurang lebih ada 72 ribu buku update 10 tahun terakhir serta ditunjang dengan E-book yang diterbitkan oleh penerbit ternama.

"Selain ruang baca buku fisik, kami juga menyediakan ruang baca yang menggunakan komputer sebanyak 18 unit sehingga jurnal, E-book dan lain-lain bisa dibaca di dalam ruang tersebut. Paket informasi terseleksi atau paket kilat," jelasnya.

Perkembangan perpustakaan digital saat ini masih pelan-pelan dilakukan. Karena perpustakaan digital juga menggunakan SOP sehingga harus bertahap.

Baca Juga: Wakatobi Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara ke-13 Tebarkan Pesona Pariwisata

"Alhamdulillah jumlah kunjungan pembaca terus meningkat. Ke depannya, saya akan terus melakukan pembenahan baik itu SDM, sarana dan prasarana," tutupnya.

Salah satu mahasiswa UHO, Burhan mengatakan, dia dan teman-temannya selalu mencari referensi dari Perpustakaan UHO untuk menyelesaikan tugas akhir, baik itu melalui perpustakaan digital ataupun langsung ke perpustakaan UHO.

"Dengan adanya perpustakaan ini sangat membantu kami mahasiswa untuk mendapatkan jurnal yang sudah disediakan perpustakaan UHO di website resmi," ujar Burhan. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga