Logo Telisik.id

Pimpin PAN Muna, Rusman Sebut Dokter Baharuddin Bukan Orang Baru di Partai

2039 dibaca Pimpin PAN Muna, Rusman Sebut Dokter Baharuddin Bukan Orang Baru di Partai

Ketua DPD PAN Muna, LM Bahruddin bersama para pengurus. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita target untuk bisa mengusung satu calon bupati di Pilkada mendatang."

MUNA, TELISIK.ID - Dr LM Baharuddin kembali terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Muna periode 2021-2026.

Penetapan tersebut dilakukan pada Musyawarah Daerah (Musda) ke-V, yang dipimpin langsung Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan, Selasa (23/2/2021).

Pria yang kerap disapa Dokter itu bukan orang baru di PAN. Kala menjabat Bupati Muna tahun 2010-2015, Dokter tersebut sudah menjadi ketua partai berlambang matahari terbit itu.

Bahkan, kala itu, ia berhasil mendudukan kader-kader PAN menguasai DPRD Muna dengan perolehan tujuh kursi.

Namun, kala akan maju bertarung di pemilihan anggota DPD-RI tahun 2019 lalu, Dokter terpaksa mundur dari jabatan ketua DPD PAN Muna. Hal tersebut dikarenakan, ketika mencalonkan diri sebagai anggota DPD, tidak diperbolehkan menjadi bagian dari partai.

Baca juga: Musda ke-V, PAN Konawe Masih Kosong

Setelah ditinggalkan itu, kejayaan partai mulai runtuh. Di Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) 2019 lalu, PAN hanya mampu mendudukan satu kadernya di dewan dari total enam kursi.

Meski kala itu, Dokter sudah tidak berpartai lagi, namun PAN masih menghitungnya untuk bertarung di Pilkada 2020. Terbukti, rekomendasi partai diberikan padanya. Sayang, hingga mendekati masa pendaftaran di KPU, Dokter tak berhasil mendapatkan partai koalisi. Rekomendasi ditarik dan diberikan ke pasangan calon (Paslon), LM Rajiun Tumada- La Pili (RAPI).

Kini, posisi ketua DPD PAN telah dikembalikan padanya. Dokter berkomitmen akan mengulang kembali kejayaan PAN di Pileg 2024 mendatang.

"Kita target untuk bisa mengusung satu calon bupati di Pilkada mendatang," kata Dokter LM Baharuddin.

Mantan Bupati Muna itu juga mengaku, sebenarnya sudah tidak mau lagi berpartai. Namun, karena permintaan DPP, DPW dan DPD, ia tidak mau mengkhianatinya.

Langkah awal yang akan dilakukan, adalah menata ulang struktur kepengurusan partai bersama para anggota formatur yakni, LM Ihlas Muhamad, Lukman, Wa Ode Farida, Kadir Ole dan Agustini Muhaimin.

Baca juga: Usai Musda, PAN Sultra Fokus di Pileg dan Pilkada

"Kita juga akan lakukan rekonsiliasi pengurus yang terbelah akibat Pilkada lalu," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menyampaikan selamat atas terpilihnya Dr Lm Baharuddin sebagai Ketua DPD PAN Muna. Kata Rusman, Dokter bukan orang baru di partai. Dokter telah terbukti membesarkan partai yang dinahkodainya.

"Dengan terpilihnya pak Dokter tentunya akan menjadi kekuatan kami bersama melakukan konsolidasi di tengah-tengah masyarakat dalam membangun Muna," katanya.

Menurut Rusman, Muna membutuhkan kerjasama semua elemen yang terdiri dari tokoh masyarakat, agama, dan politik.

Karena itu, dengan kembalinya Dokter bergabung di dunia politik, diyakini dapat menjadi perekat bagi pimpinan partai yang saat Pilkada tidak sejalan.

"Saya yakin, sekat-sekat yang ada di partai politik akan hilang dengan hadirnya Dokter," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video