Politisi PKB Kolaka Utara Pastikan Pemekaran Wilayah Baru Masuk Visi Misi Paslon Presiden dan Wapres AMIN

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Politisi PKB Kolaka Utara Pastikan Pemekaran Wilayah Baru Masuk Visi Misi Paslon Presiden dan Wapres AMIN
Sekertaris PKB Kolaka Utara, Muhammad Syair (pinggir kanan) saat menghadiri Rakornas Forkonas PP DOB di Gedung DPR RI bersama para tokoh FPKP. Foto: Ist.

" Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kolaka Utara, Muhammad Syair memastikan, rekomendasi pencabutan moratorium pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB), khususnya Kabupaten Pakue Raya dan 360 kabupaten/provinsi DOB telah masuk dalam visi misi paslon Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kolaka Utara, Muhammad Syair memastikan, rekomendasi pencabutan moratorium pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB), khususnya Kabupaten Pakue Raya dan 360 kabupaten/provinsi DOB telah masuk dalam visi misi paslon Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Hal ini dikemukakan, usai dirinya dan Ketua Forum Percepatan Kabupaten Pakue (FPKP) serta tokoh-tokoh FPKP lainnya menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP DOB), untuk membahas percepatan dan pencabutan moratorium DOB bersama Komisi II DPR RI.

Sedikitnya, 90 perwakilan DOB dari 360 kabupaten/provinsi DOB seluruh Indonesia yang hadir dalam pertemuan itu bersepakat menjadikan 90 DOB sebagai skala prioritas pemekaran ketika moratorium (penangguhan) dicabut kembali.

"Selanjutnya, merekomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencabut moratorium pemekaran DOB," terangnya, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Ahli Penegakan Hukum, Warga NU Jawa Timur Lebih Pilih Ganjar-Mahfud di Pilpres

Selain Presiden, Forkonas PP DOB mengeluarkan rekomendasi agar ke tiga Paslon Presiden dan Wakil Presiden yang akan mengikuti kontestasi Pemilu tahun 2024 mendatang memasukkan pemekaran wilayah dalam visi misi dan program kerja.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kolaka saat ditemui di ruang fraksi. Foto: Muh Risal H/Telisik.

 

"Alhamdulillah untuk Paslon Presiden dan Wakil Presiden Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), pemekaran wilayah sudah masuk dalam visi misi dan program kerja mereka," ujarnya.

Selebihnya, lanjut Ketua Fraksi PKB DPRD Kolaka Utara ini, Forkonas PP DOB akan meminta Paslon lainnya yakni Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran untuk melakukan hal serupa.

"Alhamdulillah, berdasarkan informasi DOB Pakue (Pakue Raya) berada di urutan ke-33 dari 360 kabupaten/provinsi DOB se-Indonesia dan FPKP hingga saat ini solid tetap mendorong Pakue menjadi kabupaten baru," tegasnya.

Chay selaku perwakilan anggota DPRD Dapil III menambahkan, Rakornas Forkonas PP DOB di Jakarta beberapa hari lalu dihadiri langsung Ketua FPKP, Bustam, Sekda Kolaka Utara Taufiq S, Kadis PUPR Kolaka Utara Mukramin, Kadis PMD Kolaka Utara Fatehuddin.

Termasuk tokoh-tokoh Kecamatan Pakue yang berdomisili di Jakarta antara lain, Eftaty, Syarif Ahmad, Haerullah calon Ketum PB HMI.

Dilansir dari media Republika.co.id, Ketum Forkonas PP DOB, Syaiful Huda saat memberikan sambutan dalam Rakornas Forkonas PP DOB di Jakarta, Rabu (1/11/2023) lalu menyatakan bakal mendukung capres dan cawapres yang berani memasukan pemekaran wilayah dalam visi, misi, dan program kerja.

Hal itu sebagai bentuk komitmen mereka terhadap pembentukan daerah otonomi baru sebagai salah satu akselerasi pembangunan daerah.

“Kami akan meminta kepada paslon siapa pun mereka untuk menjadikan pembentukan daerah otonomi baru masuk ke dalam visi, misi, dan program kerja mereka yang disampaikan ke KPU,” ujar Syaiful.

Huda mengatakan komitmen untuk memasukan agenda pembentukan daerah otonomi baru sebagai visi, misi, dan program kerja menjadi indikator keseriusan pasangan capres dan cawapres.

Menurutnya, hal ini penting karena faktanya dalam 9 tahun terakhir telah terjadi penangguhan usulan pembentukan daerah otonomi baru oleh Pemerintahan Jokowi.

Dia menegaskan, jika ada pasangan capres-cawapres yang memasukkan agenda pembentukan DOB dalam visi-misi mereka maka Forkonas PP DOB secara institusional bisa menyampaikan dukungan resmi kepada mereka.

Baca Juga: Prabowo Komitmen Ikuti Gaya Berpolitik Jokowi, Airlangga Perlahan Ajak Gibran Gabung Golkar

“Kami yakin dukungan dari Forkonas PP DOB akan memberi pengaruh besar bagi kemenangan siapa pun calon presiden dan calon wakil presiden yang saat ini berkontestasi,” katanya.

Huda mengaku mendengar jika baru satu pasang capres-cawapres yang memasukan agenda pembentukan daerah otonomi baru dalam visi, misi, dan program kerja mereka.

Dia menanbahkan, ada kemungkinan Forkonas PP DOB akan memberikan dukungan kepada pasangan tersebut secara insitusi.

“Jika memang pasangan AMIN satu-satunya yang memberikan ruang bagi agenda pembentukan DOB, ya bisa jadi kita akan dukung mereka secara resmi,” pungkasnya. (B-Info).

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga