Polri Mutasi Ratusan Personel, 5 Kapolda Berganti

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 08 Desember 2023
0 dilihat
Polri Mutasi Ratusan Personel, 5 Kapolda Berganti
Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Listyo Sigit Prabowo. Foto: Instagram @listyosigitprabowo

" Polri melakukan mutasi besar-besaran dan rotasi jabatan terhadap ratusan personel, sebagai strategi untuk menjaga keseimbangan dan kualitas kepemimpinan di tubuh Polri "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) melakukan mutasi besar-besaran dan rotasi jabatan terhadap ratusan personel, Jumat (7/12/2023), sebagai strategi untuk menjaga keseimbangan dan kualitas kepemimpinan di tubuh Polri.

Dua Surat Telegram bernomor ST/2749/XII/KEP./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023 menjadi dasar pelaksanaan mutasi ini, melibatkan total 535 personel dari berbagai tingkatan, mulai dari perwira menengah (pamen) hingga perwira tinggi (pati).

Pada mutasi kali ini, dilantik pula lima Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yaitu Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni Harso digantikan oleh Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan. Irjen Pol Rian, kini menempati posisi Pati Baintelkam Polri dengan penugasan pada Badan Intelijen Negara (BIN).

Tak hanya di Sulawesi Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan, Kapolda Nusa Tenggara Timur, Kapolda Papua Barat, dan Kapolda Kepulauan Riau, juga mengalami pergantian pimpinan. Mutasi ini menciptakan dinamika baru di tubuh kepolisian daerah, dimana setiap kapolda yang baru tentu akan membawa visi dan misi mereka sendiri dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Polres Buton Dimutasi

Selain kapolda, terjadi pula pergantian pimpinan di posisi strategis lainnya. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun, digantikan oleh Brigjen Aan Suhanan. Brigjen Aan kini menjabat sebagai Dirgakkum Korlantas Polri, sementara Irjen Pol Firman akan menangani kepemimpinan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pergantian jabatan juga melibatkan Kadensus 88 Antiteror Polri, dimana Irjen Pol Marthinus Hukom digantikan oleh Brigjen Pol Sentot Prasetyo. Perubahan ini menunjukkan komitmen Polri dalam memperkuat penanganan terorisme dan keamanan nasional.

Penting untuk dicatat bahwa mutasi kali ini tidak hanya melibatkan perwira pria, tetapi juga empat perwira wanita (polwan) mendapat promosi. Kombes Pol Nurul Azizah dipromosikan menjadi Dirprogsarjana STIK, Kombes Pol Emi Sumijati menjadi Karo SDM Polda DIY, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang menjadi Wakapolres Metro Tangerang, dan AKBP Herlina menjabat sebagai Kapolres Magelang.

Baca Juga: Lembaga Ini Kecewa Kapolri Mutasi Kabid Propam Polda Sumatera Utara

Langkah ini mencerminkan komitmen Polri untuk memberikan peluang yang setara bagi perwira wanita dalam meniti karir dan berkontribusi pada kepolisian.

Irjen Dedi Prasetyo, Asisten Kapolri Bidang SDM, memberikan klarifikasi terkait mutasi tersebut. Menurutnya, mutasi adalah hal yang alamiah dalam organisasi Polri. Pergantian pimpinan dilakukan terutama kepada personel yang memasuki masa purna bakti, sambil memberikan kesempatan untuk promosi dan pengalaman tugas yang beragam.

"Mutasi ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman tugas, tour of duty, dan tour of area, serta fokus pada persiapan pengamanan pemilu, Operasi Lilin, pengamanan Nataru, dan menjaga harkamtibmas," kata Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga