Dishub Sulawesi Tenggara Ciptakan Transportasi Aman Jelang Tahun Baru 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 27 November 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Ciptakan Transportasi Aman Jelang Tahun Baru 2024
Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara menggelar rapat koordinasi angkutan jalan 2023. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Jelang tahun baru 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara bersama-sama menggencarkan penggunaan transportasi yang aman, lancar dan terkendali "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang tahun baru 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara bersama-sama menggencarkan penggunaan transportasi yang aman, lancar dan terkendali.

Kegiatan setiap akhir tahun sejak 2021 tersebut, bertujuan untuk menyamakan presepsi dan pemahaman terkait penyelenggaraan pendataan dan penertiban angkutan sektor perhubungan darat, khususnya angkutan barang umum yang sudah diamanahkan oleh aturan menjadi kewenangan pemprov.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman antar stakeholder perhubungan, dan mitra untuk tewujudnya penyelenggaraan transportasi yang terpadu dan berkelanjutan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Muhammad Rajulan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: PT Zamzam Regency Diduga Serobot Lahan Warga Mokoau, BPN Kendari Dinilai Lepas Tangan

Hal tersebut mendorong Dishub Sulawesi Tenggara untuk memberikan ruang kepada pengelola transportasi guna bekerja sama dan berkoordinasi, sehingga tercipta layanan transportasi untuk masyarakat yang memadai.

Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, Muhammad Rajulan usai menyampaikan materi dalam rapat koordinasi. Foto: Erni Yanti/Telisik

 

Ia juga berharap, hasil dari rapat koordinasi menghasilkan kesepakatan dan pemahaman bersama dalam penyelenggaraan transportasi darat, menjelang perayaan Natal 2023.

"Tahun baru 2024 mari bersama-sama menciptakan transportasi yang aman, lancar dan terkendali di Sulawesi Tenggara," ungkap Muhammad Rajulan.

Dilansir dari dephub.go.id, keselamatan, kenyamanan dan kelancaran Angkutan Natal dan Tahun Baru serta Angkutan Lebaran, dan hari-hari besar/libur nasional lainnya.

Hal ini berpotensi terjadi kemacetan dan ketidaknyamanan, serta terganggunya keselamatan bagi para pengendara lalu lintas dan pengguna jasa transportasi menjadi perhatian insan perhubungan dan stakeholder lainnya.

Kementerian Perhubungan sebagai pemangku kepentingan dan regulator di bidang transportasi nasional jauh hari telah memberi perhatian penuh terhadap penyelenggaraan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat dalam situasi apapun, termasuk dalam kondisi “peak seasson” sekalipun.

Presiden Joko Widodo, sangat menaruh perhatian terhadap transportasi liburan bagi masyarakat.

Dalam satu kesempatan dalam rapat kabinet beberapa tahun silam, Presiden meminta pelayanan transportasi selama liburan Natal dan Tahun Baru diperhatikan sehingga masyarakat merasa terlayani, aman, nyaman dan selamat sampai tujuan. “Saya minta diperhatikan terkait pelayanan transportasi,” ujarnya kala itu.

Baca Juga: Andap Budhi Revianti Minta Pj Bupati Bombana dan Bupati Kolaka Timur Percepat Koordinasi Pembahasan APBD 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengambil inisiatif dengan sejak awal melakukan koordinasi di jajaran internal Kementerian Perhubungan, serta melakukan kordinasi dengan instansi terkait.

Menhub, dalam sebuah Rapat Kordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2023 pada Rabu (8/11/2023) lalu menginstruksikan jajarannya untuk mempersiapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan baik.

"Skenario pengaturan lalu lintas harus dipersiapkan lebih baik, agar masyarakat yang pulang kampung atau berwisata tetap aman dan mendapatkan pelayanan yang memadai," ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga